Kota BukittinggiSumatera Barat

Hari Harimau Sedunia, Momentum Penyadartahuan Pentingnya Menjaga Habitat

148
×

Hari Harimau Sedunia, Momentum Penyadartahuan Pentingnya Menjaga Habitat

Sebarkan artikel ini
Yayasan Jejak Harimau Sumatera Bekerja Sama Dengan Pengelola Taman Margasatwa Dan Budaya Kinantan (Tmsbk) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Peringati Hari Harimau Sedunia 2023
Yayasan Jejak Harimau Sumatera bekerja sama dengan pengelola Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, peringati Hari Harimau Sedunia 2023. (f/ist)

Mjnews.id – Pada peringatan Hari Harimau Sedunia (Global Tiger Day) 2023, Ketua Yayasan Jejak Harimau Sumatera, Adi Prima, mengajak untuk merenung sejauh mana berbagai pihak telah menjaga, melindungi, dan melestarikan habitat serta populasi Harimau Sumatera sebagai satwa pemuncak penjaga keseimbangan ekosistem.

Meskipun ada upaya dalam konservasi, masih terdapat ancaman seperti aktivitas penebangan liar, alih fungsi lahan, perburuan, dan perdagangan ilegal yang mengancam keberadaan Harimau Sumatera. Untuk itu, dibutuhkan upaya lebih serius dan sinergi antara semua pihak untuk mencegah kepunahan subspesies Harimau Sumatera.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Pada tahun ini, Yayasan Jejak Harimau Sumatera bekerja sama dengan pengelola Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) di kota Bukittinggi, Sumatera Barat, untuk memperingati Hari Harimau Sedunia 2023. Momen ini dijadikan kesempatan untuk memberikan edukasi dan kesadaran kepada pengunjung TMSBK tentang pentingnya menjaga habitat Harimau Sumatera.

Kegiatan peringatan ini diimplementasikan dengan menyediakan bilik foto dan memberikan edukasi tentang Harimau Sumatera kepada pengunjung. Selain itu, melalui kesempatan ini, diharapkan dapat menyebarkan pesan positif tentang pentingnya konservasi satwa Harimau Sumatera, terutama dalam menjaga kawasan hutan dan menjaga keseimbangan ekosistem.

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan juga secara rutin berpartisipasi dalam peringatan Global Tiger Day setiap tahunnya. Pengunjung yang datang diberikan informasi tentang Harimau Sumatera dengan harapan agar mereka juga ikut berkontribusi dalam melestarikan dan melindungi habitat Harimau Sumatera.

Global Tiger Day

Global Tiger Day yang dirayakan setiap tanggal 29 Juli merupakan peringatan tahunan yang bertujuan meningkatkan kepedulian terhadap konservasi satwa harimau. Pertama kali diputuskan dan diperkenalkan pada tahun 2010 dalam International Tiger Summit atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Harimau Internasional setelah ditemukan fakta dalam seabad ini, 97 persen populasi harimau di seluruh dunia telah menghilang dan hanya tersisa sekitar 3.000 ekor saja.

Berdasarkan catatan yang ada, Harimau, hanya dapat ditemukan di 13 negara di dunia antara lain, Rusia, India, Nepal, Bhutan, Cina, Bangladesh, Vietnam, Myanmar, Indonesia, Malaysia, Thailand, Kamboja, dan Laos. Khusus di Indonesia, dari tiga Subspesies yang dimiliki sebelumnya, kini hanya Harimau Sumatera yang tersisa

Di Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, Harimau Sumatera merupakan satwa yang dilindungi. IUCN Redlist menyatakan status Harimau Sumatera saat ini, Critically Endangered atau Kritis alias terancam punah. Semoga Harimau Sumatera tidak mengikuti jejak saudaranya dari tanah Bali dan Jawa. Mati, punah lalu kini hanya berwujud simbol semata.

(rel)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT