Kabupaten SolokSumatera Barat

Bupati Solok Ikuti Vidcon Rakor Inspektur Daerah Seluruh Indonesia

106
×

Bupati Solok Ikuti Vidcon Rakor Inspektur Daerah Seluruh Indonesia

Sebarkan artikel ini
Bupati Solok, Epyardi Asda Ikuti Vidcon Rakor Inspektur Daerah Seluruh Indonesia
Bupati Solok, Epyardi Asda Ikuti Vidcon Rakor Inspektur Daerah Seluruh Indonesia.

Arosuka, Mjnews.id – Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda Dt. Sutan Majo Lelo, M.Mar ikuti Vidcon Rapat Koordinasi (Rakor) Inspektur Daerah Seluruh Indonesia, pada Rabu (25/02/2023), bertempat di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Solok.

Hadir Forkopimda, Sekretaris Daerah Medison, S.Sos, M.Si. Asisten I Drs. Syahrial, MM. Inspektur Daerah diwakili Sekretaris Dery Akmal, ST. Kepala Dinas KominfoTeta Midra, SSTP, M.Si.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Rapat Koordinasi tersebut dihadiri Jaksa Agung RI, Kapolri, diwakili Kabareskrim Polri, Menteri Dalam Negeri, dan jajaran kementerian terkait, serta diikuti oleh seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia secara Video Converence.

Jaksa Agung RI Burhanuddin dalam arahannya mengatakan tingkatkan Sinergitas, Koordinasi dan Kolaborasi yang baik antara Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH).

“Perhatikan batasan waktu penyelesaian laporan atau pengaduan berdasarkan hasil pemeriksaan investigatif, dahulukan penyelesaian administratif sebelum menggunakan instrumen pidana lakukan Monitoring dan Pengawasan secara optimal dalam penyelenggaraan pemerintah daerah berdasarkan AUPB (Asas-asas Umum Pemerintahan yang Baik),” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolri diwakili Kabareskrim Polri Agus Adrianto mengatakan aparat Penegak Hukum dapat melakukan pemeriksaan setelah berkoordinasi dengan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah, untuk itu diperlukan koordinasi yang baik antara APIP dan APH.

Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian memaparkan untuk memaksimalkan Anggaran yang ada di daerah diperlukan koordinasi dan kerjasama antara Pemerintah daerah bersama DPRD, sehingga pemanfaatan anggaran sesuai dan tepat pada hal yang dibutuhkan.

Ia katakan, dalam pengawasan postur anggaran, APIP berperan penting dalam mengawal singkronasi anggaran agar tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Untuk itu kita berharap kepada APIP agar dapat memberikan pendampingan kepada Kepala Daerah agar dapat menjalankan postur Anggaran sehingga dapat terfokus dan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” harapnya.

(sis)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT