Padang PanjangSumatera Barat

Disdukcapil Juara 1 Evaluasi Kinerja OPD di Pemko Padang Panjang

113
Wakil Wali Kota, Asrul Berikan Penghargaan Opd Terbaik Di Pemerintah Kota Padang Panjang Kepada Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Maini
Wakil Wali Kota, Asrul berikan penghargaan OPD terbaik di Pemerintah Kota Padang Panjang kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Maini. (f/ist)

PADANG PANJANG, MJNews.id – Untuk kesekian kalinya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, jadi OPD terbaik hasil evaluasi Pemerintah Kota Padang Panjang. Keberhasilan Disdukcapil meraih nilai terbaik dari sekian banyak OPD, berkat kerja yang solid antar lini.

“Tim Work yang padu, tidak bekerja sendiri-sendiri dalam melahirkan berbagai macam Inovasi,” kata Kadis Dukcapil Dra. Maini, saat disambangi MJNews.id, di ruang kerjanya, Kamis (2/2/2023).

Sederet penghargaan dan prestasi yang telah diraih Dikcapil, baik Nasional maupun Lokal, semua adalah bentuk komiten dan kerja keras Kabid dan semua pegawai Dukcapil dalam mengemban tugas diberikan. Tim Work, menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Intinya, kerja bersama bersama ini yang kita terapkan selama ini.

Buktinya, beragam ivovasi telah Dukcapil lahirkan untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukanya. KTP, Kartu Keluarga(KK) Akte Kelahiran, Akte Kematian dan banyak lagi surat surat penting masyarakat yang bisa diurus dengan satu Aplikasi.

“Sejatinya, seluruh Inovasi yang sudah dilahirkan semuanya bermuara untuk memudahkan nasyarakat dalam ber urusan dengan Dukcapil,” terang Maini.

Sebagai Instansi, yang berurusan dengan masyarakat umum, pihaknya sangat menyadari sekali kesulitan-kesulitan yang dialami petugas baik di kantor maupun lapangan. Tingkat pendidikan yang berbeda-beda, itu dinamika yang kami hadapi sehari-hari.

“Dengan banyak melahirkan inovasi, dinamika dan kesulitan yang dialami para petugas dikantor lambat laun dapat teratasi dengan banyak lahirnya bermacan Inovasi,” terang Sang Kadis.

Untuk semua keberhasilan itu, kita persembahkan pada segenap awak Dukcapil yang telah bekerja dengan penuh tanggung jawab dan tidak kenal waktu. Wajar, dalam setiap evaluasi kinerja Dukcapil selalu memperoleh nilai sempurna.

“Meski dari sisi anggaran operasional kita agak keteteran, walau demikian, semangat untuk meraih hasil terbaik selalu ada dalam diri masing masing pegawai Dukcapil, baik ASN maupun pegawai THL,” ujar Maini.

Sudah puluhan inovasi yang sudah Dukcapil lahirkan. Inovasi teranyar lagi gencar-gencarnya disosialisasikan yakni KTP Digital. Untuk itu, kita berharap masyarakat berganti dari KTP Ekektronik ke KTP Digital.

“Artinya, bagi masyarakat yang menggunakan Hp Android, dapat mengganti KTP nya menjadi KTP digital. Sejatinya, KTP Elektronik atau KTP lama tetap bisa dipergunakan seperti biasa,” terang Maini.

Transisi dari e KTP ke KTP digital, target Dukcapil tidak muluk-muluk. Untuk tahap awal kita sosialisasikan di tingkat ASN. Untuk masyarakat banyak, pelan-pelan pihaknya mensosialisasikan dan memberi pemahaman apa manfaat beralih pada KTP digital.

“Untuk perekaman e KTP tetap dilakukan Dukcapil. Perekaman KTP fomula saban hari dilakukan ke sekolah-sekolah lanjutan atas-atas,” pungkas Maini.

(Son)

Exit mobile version