Padang PanjangSumatera Barat

Dukcapil Padang Panjang Launching Lima Inovasi Pelayanan

302

Mjnews.id – Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Padang Panjang, launching lima buah inovasi dan sekaligus gelar Rakor Capil se Sumatera Barat, Rabu (20/12/2023) pagi, di Pendopo Rumah Dinas Walikota Padang Panjang Timur, kota Padang Panjang.

Hadir Kepala Dinas Dukcapil Sumatera Barat, Kadis Capil se Sumbar, Forum Capil se Sumbar, Forkompinda, Kepala OPD.

Kadis Dukcapil Kota Padang Panjang, Rudy Suarman dalam hantarannya mengatakan, pelayanan publik yang profesional dan berkualitas sudah menjadi keharusan di semua tingkatan baik di pemerintahan pusat dan daerah sebagai salah satu agenda reformasi birokrasi.

“Sebagai etalase Pelayanan Publik Pemerintah Daerah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang senantiasa berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” tegasnya.

Jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padang Panjang, selalu berbenah, pihaknya terus berupaya dan berinovasi agar Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kota Padang Panjang ini semakin cepat dan mudah.

Dengan pemanfaatan Data Kependudukan yang kini sudah semakin luas, Layanan Dukcapil bukan lagi menjadi Pelayanan Dasar, namun telah menjadi dasar bagi semua pelayanan dasar. Berbagai Layanan Publik membutuhkan NIK sebagai pintu masuk untuk mengakses berbagai layanan tersebut.

Dalam upaya terlaksananya, pembangunan di bidang kependudukan, partisipasi semua sektor sangat penting dan strategis. “Karena penataan Administrasi Kependudukan, merupakan pekerjaan yang cukup penting dalam rangka mewujudkan tertib administrasi,” ujar Rudi Suarman.

Dengan Semangat “Memberikan Pelayanan yang membahagiakan masyarakat”, Kami terus berinovasi agar pelayanan yang diberikan menjawab semua kebutuhan masyarakat agar citra penyelenggara pelayanan publik semakin baik.

Lebih jauh Sang Kadis mengatakan, hingga Tahun 2022 lalu total 26 inovasi telah kami luncurkan, berbagai prestasi telah diraih baik di tingkat nasional, Provinsi, maupun daerah. Bukan hanya sekedar pamer prestasi. Inovasi sebagai mesin penggerak untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan memberikan pelayanan publik yang mudah, cepat, dan optimal. Dibantu, para staf capil yang bekerja dengan sepenuh hati, hingga, terlahirnya prestasi berbagai Inovasi.

Tahun 2023 ini, Dukcapil kembali kembali meluncurkan 5 inovasi baru. Dari Lima Inovasi itu antara lain, Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) diluncurkan oleh Kementrian Dalam Negeri melalui Ditjen Dukcapil. Layaknya ATM, masyarakat nanti bisa melakukan pencetakan Dokumen Kependudukan secara mandiri melalui mesin ADM.

Dokumen yang bisa dicetak yaitu Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Kartu Identitas Anak. Untuk saat ini kita telah mengoperasionalkan 2 mesin ADM yaitu di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Padang Panjang dan Ruang Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Dukcapil bermitra (Dukcapil Memberikan Layanan Administrasi Kependudukan hingga Perumahan).

Exit mobile version