Kabupaten PasamanSumatera Barat

Nagari Aia Manggih Selatan Peringati HPSN dengan Goro di Kawasan Pemukiman

207

PASAMAN, Mjnews.id – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023, Pemerintah Nagari Aia Manggih Selatan menggelar gotong royong bersama pada kawasan pemukiman warga di Jorong Ambacang Aggang, Jum’at (17/2/2023) pagi.

Gotong royong bersama ini melibatkan Badan Musyawarah (Bamus) Nagari, PKK Nagari, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Nagari (LPMN), Kader Posyandu, Bundo Kanduang, Kelompok Siaga Bencana (KSB) dan Keluarga Tangguh Bencana dan Perangkat Nagari Aia Manggih Selatan lainnya.

Selain bergotong royong membersihkan sampah-sampah yang ada di lingkungan kantor nagari, kawasan pemukiman warga, sarana ibadah baik masjid dan musholla, dan balai pemuda juga tak luput dari perhatian.

Kegiatan gotong royong ini sebelumnya juga diawali dengan Apel bersama di halaman kantor nagari setempat.

Dalam kegiatan tersebut, Wali Nagari Aia Manggih Selatan, Herizon menyampaikan, melalui peringatan HPSN yang akan dilaksanakan pihak Kecamatan Lubuksikaping pada tanggal 21 Februari 2023 nanti, pihaknya berharap seluruh masyarakat Nagari Aia Manggih Selatan bersama-sama menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing dengan cara bergotong royong dan mewadahi sampahnya secara mandiri.

“Saya berharap masyarakat untuk rutin bergotong royong membersihkan sampah di lingkungannya masing-masing serta mewadahi sampah rumah tangganya secara mandiri, dengan begitu masyarakat sudah berpartisipasi dalam mendukung kebersihan Nagari Aia Manggih Selatan,” kata Wali Nagari.

Wali Nagari Aia Manggih Selatan itu menambahkan, kegiatan gotong royong Jum’at bersih ini ke depan juga akan menjadi agenda rutin setiap bulannya di nagari kita.

Disamping itu menurut Wali Nagari, kebersihan ini merupakan tanggung jawab bersama, sebab tanpa partisipasi masyarakat maka kebersihan Nagari Aia Manggih Selatan tidak akan bisa tercapai.

“Tanpa kepedulian kita bersama, mustahil Nagari ini akan bersih, karena itu saya mengajak seluruh masyarakat untuk terus berpartisipasi mendukung kebersihan Nagari ini, minimal dengan melaksanakan gotong royong sekali se bulan, dan dengan mewadahi sampahnya masing-masing,” ajak Wali Nagari.

Ketua Bamus Nagari Aia Manggih Selatan, Ade Suryadi didampingi anggota Bamus lainnya mengapresiasi kegiatan gotong royong bersama guna memeriahkan peringatan hari sampah nasional tahun ini.

Ade Suryadi berharap, budaya gotong royong ini bukan hanya dalam peringatan HPSN ini saja, tapi diharapkan kegiatan ini dapat berlanjut guna terjaganya kebersihan Nagari dan meminimalisir sampah plastik yang saat ini sudah menjadi perhatian dari pemerintah, bukan hanya pemerintah nagari bahkan pemerintah pusat pun sudah mulai melaksanakan upaya pengurangan sampah plastik.

“Mari peduli lingkungan sekitar, mulai dari hal terkecil yaitu lingkungan rumah dengan tidak membuang sampah sembarangan, ” pesannya.

Usai melakukan gotong royong, Wali Nagari bersama Ketua Bamus Nagari dan rombongan lainnya juga meninjau beberapa saluran drainase di daerah Kampuang Tandikek, dan Kampuang Kabun dimana kondisi drainase sudah tersumbat, karena tertimbun oleh material tanah.

Tidak itu saja, Wali nagari bersama Ketua Bamus dan rombongan lainnya juga meninjau bangunan balai pemuda di daerah itu.

Turut hadir dalam kegiatan gotong royong yang bertajuk Jum’at Bersih itu, Wakil Ketua, Sekretaris dan anggota Bamus, Sekretaris Nagari, Ketua dan anggota Lembaga Kemasyarakatan Nagari (LKN), Kepala Jorong, dan seluruh perangkat nagari di daerah itu.

(Riki)

Exit mobile version