Pesisir SelatanSumatera Barat

Wakil Bupati Pessel Buka Musrenbang RKPD Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan

220
Wakil Bupati Pessel Buka Musrenbang RKPD Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan
Wakil Bupati Pessel Buka Musrenbang RKPD Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan. (f/ist)

Pesisir Selatan, MJNews.id – Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah membuka Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan di aula kantor camat setempat, Selasa (28/02/2023).

Musrenbang RKPD itu dihadiri anggota DPRD Dapil 5, staf ahli, organisasi perangkat daerah, Forkompimca, Walinagari, Anggota Bamus, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya,Wabup Rudi Hariyansyah mengatakan, pada Musrenbang RKPD tahun ini, Pemkab kembali memberikan ruang kepada pemangku kebijakan Kecamatan untuk menentukan pendanaan kegiatan prioritas dengan tetap memberikan alokasi prioritas indikatif Kecamatan.

Pada tahun ini prioritas indikatif Kecamatan difokuskan untuk pencapaian target SPM urusan wajib pelayanan dasar yang sangat sejalan dengan upaya penurunan prevalensi Stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrim.

“Kepada para pemangku kebijakan di Kecamatan dipersilahkan menentukan penggunaanya dengan tetap mengacu pada koridor ketentuan yang telah di haruskan,” ujar wabup.

Dikatakan, untuk pagu indikatif tahun 2023, perlu disampaikan bahwa memang belum seluruh usulan dapat terakomodir karena selain diakibatkan oleh perubahan regulasi dan transfer pusat, juga dikarenakan pertimbangan teknis OPD terkait yang belum memungkinkan.

Sebagai penggantinya Pemkab juga telah menempatkan pembangunan untuk prioritas lainnya di wilayah Kecamatan terutama di bidang pendidikan, kesehatan, PUPR, dan sektor unggulan lainnya.

“Kami berharap untuk prioritas indikatif tahun 2024 nanti mampu menempatkan usulan dengan lebih cermat, sehingga usulan yang telah disepakati nantinya mendapatkan porsi untuk ditetapkan melalui APBD tahun depan,” tambah Wabup.

Pihaknya menyadari bahwa pemerintah daerah tidak akan bisa berjalan sendiri. Berbagai program dan kegiatan yang telah direncanakan itu tidak akan sukses di lapangan bila seluruh komponen masyarakat tidak ikut andil memberikan dukungan dan partisipasi.

Oleh karena itu, marilah kita selalu saling bersinergi dan fokus untuk bergerak di tengah keterbatasan yang ada.

“Untuk itu marilah kita laksanakan Musrenbang ini dengan sebaik-baiknya karena untuk mencapai hasil terbaik mestilah di awali melalui perencanaan yang terukur,” tutup Wabup.

(canang)

Exit mobile version