banner pemkab muba
Padang PariamanParlemenSumatera Barat

Anggota DPRD Sumbar Jasma Juni Dt Gadang Jemput Aspirasi Masyarakat ke Sungai Buluah, Batang Anai

253
×

Anggota DPRD Sumbar Jasma Juni Dt Gadang Jemput Aspirasi Masyarakat ke Sungai Buluah, Batang Anai

Sebarkan artikel ini
Anggota DPRD Sumbar Jasma Juni Dt Gadang Jemput Aspirasi Masyarakat ke Nagari Sungai Buluah, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman
Anggota DPRD Sumbar Jasma Juni Dt Gadang Jemput Aspirasi Masyarakat ke Nagari Sungai Buluah, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. (f/putra)

Padang Pariaman, Mjnews.id – Mengisi Masa Reses Persidangan Kedua Tahun 2022/2023, Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Gerindra Dapil II (Padang Pariaman dan Kota Pariaman), Jasma Juni (JJ) Dt Gadang, mengunjungi konstituennya di Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, pada Kamis (2/3/2023).

Kunjungan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Camat Batang Anai, dihadiri Camat Batang Anai yang diwakili oleh Kasi PM, Arumuzan, SST didampingi Wali Nagari Sungai Buluah, Agusta Alidin, Wali Nagari Sungai Buluah Timur, Zulkifli dan Sekretaris Nagari (Seknag) Buayan Agung Saputra.

Sementara itu, Camat Batang Anai mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang reses dari Anggota DPRD JJ Dt Gadang. Arumuzan mengapresiasi mendalam atas perhatian Bapak JJ Dt Gadang terhadap Kecamatan Batang Anai selama ini. Bahkan di tahun 2023 ini, banyak alokasi dana Pokir yang ditempatkan di nagari-nagari di Batang Anai,” ujar Arumuzan, SST.

Sementara itu, Wali Nagari Sungai Buluah, Agusta Alidin, menyampaikan bahwa usulan perbaikan jalan ke SMPN 1 Batang Anai, yang disampaikan 2022 lalu, sudah mulai diproses dengan datangnya Tim dari Dinas Kimpraswil Provinsi guna melakukan survei pengerjaannya.

Agusta Alidin melaporkan, rencananya usai lebaran mendatang, pengerjaan jalan ke SMPN 1 Batang Anai yang terletak di Nagari Sungai Buluah ini akan mulai dikerjakan. Saya sangat Terima kasih Bapak JJ Dt Gadang.

Begitu juga jalan rabat beton usaha tani yang diusulkan Wali Nagari Sungai Buluah Timur, juga mulai disurvei Tim Dinas Pertanian dan Holtikultura Provinsi Sumbar. Termasuk bantuan bibit kopi, pinang dan pupuk untuk petani, juga dalam proses di Dinas Perkebunan Sumbar.

Zulkifli, Wali Nagari Sungai Buluah Timur mengusulkan kepada JJ Dt Gadang adanya bantuan mesin perontok biji kopi usai panen. Karena ini masih menjadi keluhan petani kopi di nagari kami.

Wali Nagari Buayan yang diwakili Seknag Agung Saputra juga menyampaikan terima kasih atas bantuan Pokir dari JJ Dt Gadang di tahun 2023 dalam bentuk jalan lingkung dan perbaikan sarana dan prasarana masjid.

Agung mengucapkan terima kasih Bapak JJ Dt Gadang, kedua bantuan ini sudah ditinjau Tim Provinsi dan akan dilaksanakan usai lebaran mendatang.

Saat kegiatan berlangsung, tidak hanya usulan dari para Wali Nagari, warga yang hadir dalam kegiatan reses yang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari Pemuka Masyarakat, Tim PKK, Anggota Bamus, Kapalo Jorong, menyampaikan beragam aspirasi.

Dari Nagari Buayan, ada usulan perbaikan sarana ibadah di dua masjid. Kemudian permohonan pembangunan perbaikan pondok pesantren dan jalan rabat beton.

Sementara itu Dari Kelompok Wanita Tani Nagari Sungai Buluah, meminta bantuan bibit tanaman, pupuk serta alat dan mesin pertanian (Alsintan). Juga, minta bantuan untuk pengembangan usaha papan bunga.

Begitu juga dengan PKK Sungai Buluah Timur yang meminta bantuan alat produksi kue dan roti untuk kelompok usaha warga yang sudah jalan. Juga ada usulan perbaikan sarana pengendalian banjir yang sering melanda Nagari Sungai Buluah Timur, sering merusak pemukiman, jalan dan jembatan.

Menanggapi aspirasi warga tersebut JJ Dt Gadang mengatakan untuk beragam usulan itu akan diperjuangkannya dalam APBD 2024 mendatang, jika itu ada mata anggarannya.

“Kami akan membawanya ke Rapat Anggaran DPRD Provinsi Sumbar dan membahasnya dengan OPD terkait”, ujar Jasma Juni Dt. Gadang.

Mengenai usulan bantuan alat-alat pertanian, JJ Dt. Gadang meminta KWT dan Keltan, mengurus proses Simluhtan kelompoknya ke Dinas Pertanian melalui PPL dan Wali Nagari. Karena, bantuan akan diberikan kepada kelompok yang sudah terdaftar.

“Silahkan buat proposal dan lengkapi administrasi kelompoknya. Semoga di APBD Sumbar 2024 usulan yang disampaikan bisa ditampung dan terlaksana”, pungkas JJ Dt. Gadang yang juga merupakan seorang Purnawirawan TNI AD ini.

(Putra)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600