Padang PanjangReligiSumatera Barat

Ramadan, Setiap Individu Perlu Sucikan Hati dari Perbuatan Tercela

115
Anggota Komisi Ii Dprd Kota Padang Panjang, Nasrulah Nukman
Anggota Komisi II DPRD Kota Padang Panjang, Nasrulah Nukman. (f/maison)

Padang Panjang, MJNews.id – Beberapa hari lagi umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadan, dimana pada bulan itu umat muslim diharuskan untuk melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh serta melakukan amal kebaikan lain. Untuk itu setiap individu perlu membersihkan hati dan mensucikan jiwa dari perbuatan-perbuatan tercela.

Anggota Komisi II DPRD Kota Padang Panjang, Nasrulah Nukman menjelaskan, terdapat beberapa persiapan yang paling penting dalam mempersiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan seperti bagaimana kita menyucikan diri sendiri.

“Kita harus bias menyucikan diri dan membersihkan pikiran. Ramadhan merupakan bulan suci yang ditunggu-tunggu oleh umat islam”, ujarnya saat bincang-bincang dengan MJNews.id, Jumat (17/03/2023).

Terdapat beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum menyambut bulan suci Ramadan. Salah satunya, membiasakan diri melakukan ibadah puasa di bulan Syaban agar sudah terlatih melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadan.

Persiapan selanjutnya yaitu menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat, menjaga pola hidup dengan rutin berolahraga, minum yang cukup serta istirahat dengan teratur.

Menambah ilmu agama, membersihkan lingkungan, menyiapkan kebutuhan selama bulan suci Ramadan juga perlu diperhatikan karena keberkahan selama bulan suci Ramadan akan terasa jika individu melakukannya dengan hati yang senang.

Selaku Anggota DPRD dan Mubaligh, untuk menjaga kekhusukan orang dalam menjalankan ibadah Ramadan di malam hari. Kita minta, kepada pemerintah daerah untuk menugaskan beberapa orang tenaga pengamanan malam di Masjid. Dalam mengawasi kekhusukan orang beribadah dari keberisikan, terumatama anak anak yang bermain-main di sekitaran tempat ibadah.

“Bukan kita melarang anak anak datang ke masjid. Tapi, sekedar mengingatkan,” ujar Nasrulah.

Lebih jauh Nasrulah mengatakan, untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan bahan pokok. Alangkah baik, pemerintah daerah dalam hal ini Koperindag, lakukan semacam pengawasan ke pasar dan melihat dari dekat harga kebutuhan bahan pokok jelang masuk puasa. Biasanya, seminggu jelang bulan puasa harga kebutuhan bahan pokok cenderung alami kenaikan.

“Koperindag selaku OPD yang membawahi, perlu kiranya melakukan pengawasan dan melihat ketersediaan sembilan bahan Pokok,” ujar pentolan PKS ini.

(Son)

Exit mobile version