Pasaman BaratSumatera Barat

Pascakebakaran Pesantren Safinatun Najah Pasbar, Berbagai Pihak Salurkan Bantuan

249
Pesantren Safinatun Najah Pasbar
Pesantren Safinatun Najah, Pasaman Barat. (f/kominfo)

Mjnews.id – Pascakebakaran yang terjadi di Pesantren Safinatun Najah pada Sabtu 3 Mei 2023 lalu, sejumlah pihak dan donatur memberikan dukungan serta bantuan kepada pihak pesantren.

Pada Selasa (6/6/2023), Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Risnawanto hadir mendampingi anggota DPR RI, John Kenedy Azis meninjau Pesantren Safinatun Najah yang berlokasi di Jorong Pasaman Baru, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat.

Akibat kebakaran tersebut menghanguskan 4 ruang bangunan permanen asrama santriwati yang sedang menuntut ilmu di Pesantren Safinatun Najah itu.

Anggota DPR RI itu memberikan dukungan moril dan dukungan materil kepada pesantren pimpinan H. Bulkhaini, LC, yang belum genap berusia satu tahun dengan jumlah siswa ratusan tersebut.

John Kenedy Azis juga didampingi oleh perwakilan dari BNPB dan Kementerian Sosial. Dari Pemda Pasaman Barat hadir Staf Ahli, kepala OPD, Wakil Ketua DPRD Pasbar Daliyus K dan stakeholder terkait lainnya.

John Kenedy Azis menjelaskan bahwa dirinya mendapatkan pesan yang disampaikan oleh teman-teman dari Kabupaten Pasaman Barat yang mengatakan bahwa telah terjadi kebakaran di salah satu pesantren di Pasbar.

“Mitra dari komisi VIII juga cepat menangani, kami merasa prihatin dengan kondisi ini sehingga kami datang untuk memberikan bantuan moril dan materil. Walaupun bantuan yang diberikan ini tidak sebanding dengan kerugian yang ditanggung oleh pesantren Safinatun Najah. Namun, diharapkan bantuan ini bisa mempercepat proses selesainya pembangunan. Kita harus yakini dibalik musibah ada hikmahnya yang bisa kita petik,” kata John.

Wakil Bupati Risnawanto juga mengucapkan terima kasih kepada anggota DPR RI bersama BNPB dan Kemensos dan stakeholder terkait yang telah melihat langsung kondisi pesantren Safinatun Najah yang terbakar beberapa waktu lalu.

“Kami dari Pemda Pasbar akan terus memberikan dukungan dan semangat kepada pengurus pondok pesantren ini. Kita berharap agar pondok pesantren ini cepat kembali dibangun sehingga anak-anak bisa belajar seperti semula,” katanya.

Dalam kesempatan itu, BNPB juga menyerahkan bantuan dana siap pakai kepada Pemda Pasbar sebanyak Rp150 juta. Kementerian Sosial memberikan bantuan sebanyak Rp78 juta dalam bentuk makanan siap saji, lauk pauk, kasur, selimut tenda serba guna, family kit dan pakaian.

Sementara pimpinan pesantren, H. Bulkhaini, LC mengucapkan terima kasih kepada anggota DPR RI dan rombongan serta Pemda Pasbar yang telah berkunjung ke pondok pesantren Safinatun Najah. “Semoga bantuan yang bapak ibu berikan mendapatkan balasan dari Allah,” katanya.

(wal)

Exit mobile version