Padang PanjangReligi

Warga Padang Panjang Laksanakan Salat Gerhana

135
×

Warga Padang Panjang Laksanakan Salat Gerhana

Sebarkan artikel ini
Warga Padang Panjang Laksanakan Salat Gerhana
Warga Padang Panjang Laksanakan Salat Gerhana. (f/kominfo)

PADANG PANJANG, Mjnews.id – Usai pelaksanaan Salat Magrib, warga Padang Panjang laksanakan Salat Gerhana di beberapa masjid. Ini dilakukan menyusul terjadinya gerhana bulan total, Selasa (8/11/2022) malam.

Salah satu tempat pelaksanaan Salat Gerhana berlangsung di Masjid Islamic Center Kota Padang Panjang yang diimami Deni Rahman, S.IQ, S.Pdi dan khatib, Kasbi, S.Pdi, M.Pd.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Dalam ceramahnya Kasbi mengatakan, gerhana bulan total terjadi hari ini, pukul 17.59 WIB. Umat muslim yang mendengar dan melihat hal ini, dianjurkan melaksanakan Salat Gerhana tersebut.

“Salat Gerhana ini merupakan sarana bagi umat untuk menafakuri, merenungi keberadaan Allah SWT. Salat sunnah ini diamalkan dengan tujuan mengagumi keagungan Allah SWT atas penciptaan matahari dan bulan,” terangnya.

Salat Gerhana, tambahnya, juga ditujukan sebagai penghadiran rasa takut kepada Allah SWT. Terjadinya gerhana bulan adalah untuk mengingatkan manusia pada tanda-tanda hari kiamat atau azab akibat dosa-dosa yang pernah dilakukan.

Seperti kata Imam Al Ghazali, katanya lagi, yang pernah mengingatkan umat muslim bagaimana perilaku seorang umat terhadap terjadinya gerhana bulan yaitu senantiasa memiliki rasa takut, menampakkan rasa gelisah, segera bertaubat, tidak pernah bosan, segera melaksanakan salat dan berlama-lama dalam salat.

(cgs/arb)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT