BeritaPesisir Selatan

Tapak Pondasi Tebing Sungai Jembatan Gantung Lubuk Begalung Bayang Perlu Dibendung

749
Jembatan Gantung Di Kampung Lubuk Begalung, Kenagarian Aur Begalung, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat
di Kampung Lubuk Begalung, Kenagarian Aur Begalung, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Mjnews.id – Akibat banjir Batang Bayang pada 7 hingga 8 Maret 2024, tebing sungai jembatan gantung di Kampung Lubuk Begalung hanya tersisa 1 meter lagi dari tapak pondasi yang berada di tebing sungai.

Dikhawatirkan banjir sungai berikutnya bakal bisa membikin terjungkal jembatan ini ke dalam sungai.

Jembatan gantung ini merupakan ‘tulang’ punggung bagi petani yang memiliki sawah seluas 2.500 hektare dan ladang sekira 3 ribu hektare di daerah perbukitan pada seberang sungai di Kampung Lubuk Begalung, Kenagarian Aur Begalung, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Ungkapan ini dikatakan Wali Nagari Aur Begalung, Musrial, ketika menjawab konfirmasi dari awak media ini pada Senin 8 April 2024.

Menurut Wali Nagari Musrial, untuk rencana penanggulangan tebing sungai guna menyelamatkan jembatan gantung ini, perangkat Pemerintah Kenagarian Aur Begalung telah mengirimkan surat permohonannya ke Bupati Pesisir Selatan.

“Permohonannya kita sudah masukkan ke manajemen dinas terkaitnya pada Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan. Tinggal lagi konsekwensi Bupati Pesisir Selatan untuk meneruskannya pada sistim pemerintahan di atasnya,” sebut Wali Musrial, Senin 8 April 2024.

“Terkait ini, tapak pondasi tebing sungai jembatan gantung Kampung Lubuk Begalung perlu dibendung”, pungkas Wali Nagari Aur Begalung.

Exit mobile version