banner pemkab muba
Pesisir SelatanSumatera Barat

Pemkab Pessel dan Kemnaker Berkolaborasi Siapkan SDM Berdaya Saing

147
×

Pemkab Pessel dan Kemnaker Berkolaborasi Siapkan SDM Berdaya Saing

Sebarkan artikel ini
Rusma Yul Anwar Saat Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Lahan Untuk Pembangunan Pembangunan Workshop Pertanian, Perikanan Dan Pariwisata Di Kemnaker
Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar saat penandatanganan naskah perjanjian hibah lahan untuk pembangunan pembangunan workshop pertanian, perikanan dan pariwisata, Rabu (11/01/2023) di Aula Tri Dharma Kemnaker Jakarta. (f/kominfo)

Pesisir Selatan, Mjnews.id – Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Drs. Rusma Yul Anwar, MPd berkolaborasi dengan Kemnaker persiapkan SDM yang berdaya saing melalui hibah lahan di Nyiur Melambai untuk pembangunan workshop pertanian, perikanan dan pariwisata.

Penandatanganan naskah perjanjian hibah dilakukan hari ini, Rabu (11/01/2023) di Aula Tri Dharma Kemnaker Jakarta oleh Bupati dan Dirjen Bina Lavotas Budi Hartawan disaksikan Mennaker RI Ibu Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si.

Turut mendampingi Bupati, Kepala Bapedalitbang Hadi Susilo, SSTP, M. Si dan Plt. Kadis Koperasi UMKM dan Naker Jafri Wandi, SKM, MT.

“Hibah lahan ini sebagai bentuk komitmen dan kolaborasi Pemda bersama Kemnaker RI untuk wujudkan SDM Pesisir Selatan yang kompeten dan berdaya saing sesuai dengan cita-cita RPJMD diantaranya mengurangi tingkat pengangguran dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati.

Bupati menambahkan bahwa arah pengembangan potensi unggulan Pesisir Selatan kedepan adalah sektor pertanian, perikanan dan pariwisata termasuk bahari tentunya. Oleh karenanya berbagai hal perlu kita siapkan. Salah satunya adalah di sisi ketersediaan tenaga kerja yang memiliki kompetensi.

“Untuk itu, kolaborasi adalah salah satu pendekatan yang mesti kita lakukan saati ini karena pemda tidak akan bisa bergerak sendiri. Butuh sinergitas dari berbagai pihak terutama Kemnaker,” tambahnya.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menjelaskan, bentuk kolaborasi yang dilakukan ini berupa pengembangan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP), maupun sinergi program pelatihan dan pendampingan lulusan pelatihan.

Menurut Menaker, pada sektor ketenagakerjaan, investasi menjadi hal yang sangat penting karena didasarkan lima alasan yakni, investasi membuka lapangan kerja; investasi memperbesar peluang alih teknologi dan pengetahuan; investasi memperkuat kualitas SDM; investasi mendorong peningkatan produktivitas; dan investasi menyumbang pertumbuhan ekonomi nasional.

Masuknya investasi lanjut Menaker akan semakin mendorong negara dalam memberikan layanan yang prima, good governance, serta daya saing nasional. Di sisi lain, investasi juga bermanfaat untuk mengukur tingkat kemudahan berusaha.

“Kualitas SDM yang mumpuni mendorong produktivitas lebih baik yang tentunya menjadi pertimbangan utama investor ketika akan menanamkan modalnya di Indonesia,” kata Menaker.

“Saya mengapresiasi Bupati Pesisir Selatan atas komitmennya yang telah menyerahkan lahan agar dapat digunakan sebagai pengembangan Unit Pelaksana Teknis Pusat BPVP di Pesisir Selatan,” tuturnya.

(canang)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600