Musi BanyuasinSumatera Selatan

Separuh Wilayah Muba Terendam Banjir, Pj Bupati Boyong Bantuan Hingga Buka Dapur Umum untuk Pengungsi

139
×

Separuh Wilayah Muba Terendam Banjir, Pj Bupati Boyong Bantuan Hingga Buka Dapur Umum untuk Pengungsi

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Muba, Apriyadi Mahmud Boyong Bantuan Hingga Buka Dapur Umum Untuk Pengungsi
Pj Bupati Muba, Apriyadi Mahmud Boyong Bantuan Hingga Buka Dapur Umum untuk Pengungsi. (f/pemkab)

Mjnews.id – Pj Bupati (Penjabat Bupati) Musi Banyuasin (Muba), Apriyadi Mahmud, bersama Pj Ketua TP PKK Asna Aini Apriyadi dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan peninjauan langsung ke beberapa desa yang terendam banjir di Kabupaten Muba, Rabu (17/1/2024) pagi. Lokasi banjir meliputi Desa Kemang, Air Balui, Ulak Embacang, dan beberapa desa di Kecamatan Sanga Desa.

Sebagian besar wilayah Muba mengalami banjir, dengan air mencapai pinggang orang dewasa. Pj Bupati menyampaikan bahwa hampir separuh wilayah di Muba terendam banjir.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Dalam kunjungan tersebut, Apriyadi Mahmud memberikan bantuan berupa sembako, obat-obatan, dan kebutuhan khusus untuk ibu hamil kepada warga yang terdampak banjir dan yang mengungsi di tempat pengungsian.

Pj Bupati juga menyempatkan diri makan siang bersama warga di dapur umum dan tempat pengungsian. Dia menyampaikan bahwa hari itu mereka membawa sekitar 350 paket sembako bersama Baznas untuk warga yang terdampak banjir, dengan harapan dapat mengurangi beban yang dihadapi oleh warga.

Menanggapi kondisi banjir, Pj Bupati menginstruksikan agar sekolah yang terkena banjir diliburkan. Peserta didik diminta untuk belajar di rumah masing-masing dan diawasi oleh orangtua. Selain itu, Pemkab Muba telah menyediakan dapur umum dan posko kesehatan yang siaga 24 jam untuk memberikan pelayanan kepada warga yang membutuhkan perawatan khusus.

Apriyadi Mahmud juga menyoroti peran perusahaan-perusahaan di wilayah Muba, meminta agar mereka proaktif dalam menyalurkan bantuan atau Corporate Social Responsibility (CSR) di lokasi banjir. Dia menegaskan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut harus turut serta dalam membantu warga yang terdampak banjir.

Dalam kesempatan tersebut, beberapa OPD, seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, juga melakukan langkah-langkah antisipatif untuk menghadapi potensi kerusakan infrastruktur akibat banjir. Alat berat disiagakan, petugas ditempatkan di lokasi terdampak untuk meminimalisir kerusakan pada jalan dan jembatan.

Pj Bupati Muba mengimbau perusahaan-perusahaan di wilayahnya untuk bersama-sama memberikan bantuan kepada warga yang terkena dampak banjir. Peninjauan dan penyaluran bantuan ini dilakukan dalam rangka penanggulangan dan pemulihan akibat bencana banjir yang melanda sebagian besar wilayah Muba.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT