ADVERTISEMENT
BeritaBawasluKabupaten SijunjungSumatera Barat

Bawaslu Sijunjung Gelar Apel Patroli Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2024

121
×

Bawaslu Sijunjung Gelar Apel Patroli Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Bawaslu Sijunjung Gelar Apel Patroli Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2024
Bawaslu Sijunjung Gelar Apel Patroli Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2024. (f/pemkab)

Mjnews.id – Ketua Bawaslu Kabupaten Sijunjung, Gusni Fajri memimpin apel Patroli Pengawasan Masa Tenang Pemilu tahun 2024 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Muaro, Minggu 11 Februari 2024 pagi.

Apel itu dihadiri langsung Wakil Bupati, Iraddatillah, Kapolres, AKBP Andre Anas, Kajari, Adi Nuryadin Sucipto, Kepala OPD terkait, Panwascam, PTPS serta undangan lainnya.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Dalam sambutannya, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sijunjung, Gusni Fajri menyebut apel patroli itu dilaksanakan Berdasarkan Surat Edaran Ketua Bawaslu Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2024 tentang patroli pengawasan masa tenang Pemilihan Umum Tahun 2024.

“Kegiatan ini sebagai bentuk upaya pencegahan atas terjadinya pelanggaran dan sengketa proses Pemilu pada Tahapan Masa Tenang Pemilihan Umum Tahun 2024,” ujarnya.

Gusni juga menyatakan bahwa kegiatan tersebut adalah persiapan masa tenang pungut hitung Pemilu 2024.

Baca Juga  Wali Kota Solok Sambangi Kanwil Kemenkumham Sumbar

“Kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan kepada publik bahwa Bawaslu Sijunjung siap mengawasi pada masa tenang hingga selesainya pungut hitung dan memastikan bahwa di masa tenang dan pungut hitung ini tidak ada lagi aktivitas politik, baik itu kampanye maupun money politik,” jelas Ketua Bawaslu.

Dikatakannya, hari ini (Minggu, red) merupakan hari pertama masa tenang.

“Pukul 00.00 tadi malam, masa kampanye sudah selesai, diharapkan kepada peserta pemilu tidak melakukan aktivitas kampanye mulai hari ini, 11 Februari hingga 13 Februari 2024,” imbaunya.

Sementara, Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah mengatakan pemilihan umum merupakam salah satu momen penting dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

“Kita wajib memberikan hak kepada semua untuk memilih pemimpin yang akan memimpin dan mewakili kita di masa yang akan datang,” ujar Wabup dalam arahannya.

Baca Juga  Atlet Paralayang Kota Payakumbuh Bawa 4 Medali Emas dari Ajang Internasional Thailand

Menurutnya, pengawasan yang ketat pada masa tenang dan pungut hitung menjadi sangat penting untuk memastikan bahwa seluruh proses pemilihan umum berlangsung secara fair, transparan, dan bebas dari unsur kecurangan.

“Masa tenang merupakan waktu yang sangat penting dalam pemilihan umum. Dalam periode masa tenang diharapkan seluruh peserta Pemilu untuk tidak mengkampanyekan diri baik melalui media sosial maupun kegiatan langsung,” tambah Iraddatillah.

Senada dengan itu, Kapolres Sijunjung, AKBP Andre Anas menegaskan pentingnya tugas pengawasan masyarakat dalam memilih hak pilihnya.

“TNI Polri sudah melakukan pengamanan dan pendampingan untuk pendistribusian kotak suara ke lokasi yang akan ditunjuk. Pengawasan sangat diperlukan untuk menjamin keberhasilan pemilu yang jujur dan adil,” pungkasnya.

(*)

 

Kami Hadir di Google News