banner pemkab muba
BeritaSumatera Utara

PETA Kecam Keras Kematian Lima Harimau di Medan Zoo

109
×

PETA Kecam Keras Kematian Lima Harimau di Medan Zoo

Sebarkan artikel ini
Seekor Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae) Di Kebun Binatang Medan Zoo, Sumatera Utara
Seekor harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae) di kebun binatang Medan Zoo, Sumatera Utara. (f/ist)

Mjnews.id – Organisasi penyayang binatang internasional, PETA, memberikan pernyataan keras terkait kematian lima harimau di Medan Zoo, dalam beberapa bulan terakhir.

“Kami merasakan duka mendalam atas kematian kelima harimau di Medan Zoo yang bobrok, dalam rentang beberapa bulan singkat ini,” kata Senior Vice President PETA, Jason Baker, dalam siaran persnya, Selasa 20 Februari 2024.

Menurut Jason, harimau dipaksa hidup seumur hidup dalam penjara, para harimau ini menderita dalam kurungan kandang sempit, pola makan tidak alami, serta kehidupan sosial dan penanganan veteriner yang tidak memadai.

“Menyedihkan sekali mengetahui bahwa makhluk sosial yang cerdas ini tidak diberi akses terhadap segala yang penting bagi mereka, mulai dari memilih pasangan hingga menjelajah dengan bebas,” kata Jason.

Lanjutnya, Di habitat alaminya, harimau bisa menjelajahi teritori hingga 1,000 km2 di lingkungan yang dinamis dan kompleks secara spasial, sebuah perbandingan kontras dengan kandang hampa yang mengurung mereka di Medan Zoo.

Kata Jason lagi, keputusan kejam untuk menempatkan mereka di habitat buatan yang luasnya hanya secuil dari hamparan tempat tinggal alaminya membuat mereka mengalami stress kronis, kekurangan aktivitas, serta tekanan psikologis, tercermin dari perilaku stereotipikal yang ditunjukkan banyak harimau dalam kurungan, seperti mondar-mandir berulang di kandang.

Organisasi PETA tersebut mendorong masyarakat untuk mengingat kembali masa-masa lockdown pandemi dan mempertimbangkan rasanya jika mereka yang terpenjara seumur hidup.

Menurut PETA, dengan menghindari tempat-tempat ini, konsumen dapat mewujudkan masa depan yang lebih welas asih serta menghentikan eksploitasi harimau dan hewan-hewan lainnya dalam kekangan, sangkar, kandang, maupun akuarium.

PETA siap menolong Medan Zoo memindahkan delapan harimau lainnya yang masih tersisa sebelum terlambat, termasuk beberapa yang dilaporkan dalam kondisi sakit berat.

“Suaka akan mampu menyediakan perawatan medis yang amat sangat mereka butuhkan, serta habitat luas yang lebih alamiah di mana mereka bisa menjelajah dan mengekspresikan perilaku alaminya,” kata Jason.

Medan Zoo terletak Kota Medan, tepatnya di Kelurahan Simalingkar B, Medan Tuntungan, sekitar 10 kilometer dari pusat kota ke arah Brastagi.

Kebun binatang yang saat ini merupakan kebun binatang baru yang diresmikan Wali kota Medan, Abdillah, pada 14 April 2005.

(*)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600