BeritaKabupaten AgamSumatera Barat

Keroyok Kampung, Inovasi Pemerintah Kecamatan Matur Kelola Destinasi Wisata

162
×

Keroyok Kampung, Inovasi Pemerintah Kecamatan Matur Kelola Destinasi Wisata

Sebarkan artikel ini
Pemerintah Kecamatan Matur Meluncurkan Inovasi Keroyok Kampung
Pemerintah Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumbar, meluncurkan inovasi Keroyok Kampung. (f/pemkab)

Mjnews.id – Pemerintah Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, membuat terobosan dan inovasi bernama Keroyok Kampung, dalam pengelolaan destinasi wisata di daerah itu.

Inovasi tersebut berhasil dengan memanfaatkan kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Camat Matur, Subchan, mengatakan, pihaknya bersama pemerintah nagari telah , dalam pengelolaan destinasi wisata ini.

Dikatakan, Keroyok Kampung adalah upaya untuk mengoptimalkan kinerja pemerintahan nagari, karena butuh poin of views dari sisi lain yang memiliki basis keilmuan dan pengalaman dalam pengembangan kawasan ataupun mengelola kawasan wisata.

Selain itu, inovasi ini juga memanfaatkan kolaborasi antar universitas yang selama ini telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Agam.

Universitas yang terlibat diantaranya UM Sumatera Barat, Unand, UNP, Metamedia Padang dan UBH.

“Serta diperkuat dengan adanya Tim Pendampingan dan Pengembangan Desa Wisata (TP2Dewi) Sumatera Barat,” ujarnya, Minggu 3 Maret 2024.

Dijelaskan, pada inovasi Keroyok Kampung ini, pihaknya menetapkan satu lokus pengembangan di Jorong Batu Baselo, Nagari Matua Hilia.

“Karena memiliki potensi wisata yang sangat mungkin untuk dikembangkan, ditambah lagi masyarakat juga sangat mendukung dengan rencana ini. Direncanakan kita juga akan melaunching desa wisata dalam waktu dekat,” jelasnya.

Dijelaskan, TP2DEWI Sumbar juga menjadi pilar utama dalam inovasi Keroyok Kampung ini untuk mendorong akselerasi dan kinerja kepariwisataan kawasan tersebut.

Pihaknya juga akan memanfaatkan jaringan para praktisi kepariwisataan yang ada di Sumatera Barat.

“Alhamdulillah, hasil dari Inovasi Keroyok Kampung ini sudah mulai terlihat. InsyaAllah dalam minggu ini akan ada kunjungan wisatawan. Wisatawan perdana dari mancanegara yaitu Malaysia,” ungkapnya.

(*)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT