BeritaPesisir SelatanSumatera Barat

Sisir Dampak Banjir dan Longsor di Pessel, Gubernur Sumbar Perintahkan Penyaluran Bantuan dan Pendirian Dapur Umum

220
×

Sisir Dampak Banjir dan Longsor di Pessel, Gubernur Sumbar Perintahkan Penyaluran Bantuan dan Pendirian Dapur Umum

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Sisir Dampak Bencana Banjir Dan Longsor Di Pesisir Selatan
Gubernur Sumbar, Mahyeldi sisir dampak bencana banjir dan longsor di Pesisir Selatan. (f/pemprov)

Mjnews.id – Pemprov Sumbar terus meningkatkan fokus pada penanganan dampak banjir dan longsor di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, bersama jajaran terus menyisir tiap titik lokasi terdampak bencana di Pessel dan langsung mengambil tindakan seperti mempercepat proses evakuasi, penyaluran bantuan, pendirian dapur umum, hingga mengupayakan perbaikan berbagai fasilitas umum yang rusak.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Kita sudah menyisiri beberapa titik lokasi terdampak bencana sejauh ini, mulai dari Baruang Baruang Balantai, Bayang, Balai Selasa, dan beberapa titik lokasi lain. Kita masih fokus pada proses evakuasi dan penyaluran bantuan, karena Pessel termasuk daerah paling terdampak akibat banjir kali ini,” ucap Gubernur Mahyeldi di Pessel, Sabtu 9 Maret 2024.

Di samping itu, Gubernur Mahyeldi menyatakan perlu perbaikan segera terhadap sejumlah fasilitas umum yang rusak akibat banjir dan longsor di Pessel, seperti jalan yang terban, jembatan putus, hingga rumah-rumah masyarakat yang tertimbun.

Gubernur pun meminta para camat dan Pemkab Pessel segera melakukan pendataan dampak bencana, dan OPD terkait di lingkup Pemprov Sumbar segera mendatangkan alat berat untuk melakukan proses rehabilitasi fasilitas umum yang terdampak bencana.

“Saya minta OPD terkait merespons dan bergerak secepat mungkin menyikapi dampak bencana di Pessel saat ini, termasuk terkait fasilitas umum seperti jalan yang terban dan rumah warga yang tertimbun,” ucap Gubernur menekankan.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumbar, Syaifullah menambahkan, sejauh ini pihaknya terus mempercepat penyaluran bantuan ke Pessel. Termasuk juga akan menyegerakan pendirian dapur umum untuk memenuhi kebutuhan konsumsi warga.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT