BeritaInfrastrukturKabupaten SolokSumatera Barat

Jalan Nasional di Aie Dingin Solok Rusak, Gubernur Sumbar Hentikan dan Evaluasi Aktivitas Pertambangan

1330
×

Jalan Nasional di Aie Dingin Solok Rusak, Gubernur Sumbar Hentikan dan Evaluasi Aktivitas Pertambangan

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Tinjau Kerusakan Jalan Nasional Di Aie Dingin, Alahan Panjang, Kabupaten Solok
Gubernur Sumbar, Mahyeldi, tinjau Kerusakan Jalan Nasional di Aie Dingin, Alahan Panjang, Kabupaten Solok. (f/pemprov)

Sementara itu dam kesempatan yang sama, Kepala BPJN Sumbar, Thabrani menyebutkan, ruas jalan nasional di Aie Dingin sepanjang 20 kilometer memang kawasan sangat rawan longsor.

Sebab, di sekitar ruas jalan tersebut terdapat aktivitas tambang yang tidak tertata dengan benar, sehingga menyebabkan terjadinya tumpukan saluran air atau aliran air yang menyeberangi badan jalan, dan kemudian menyebabkan terjadinya longsor atau jalan terban di sisi barat.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Curah hujan tinggi pada 7 Maret lalu menyebabkan 10 titik longsor di ruas jalan ini. Kita sudah bersihkan enam titik, sedangkan empat titik lagi butuh penanganan khusus dan segera. Kalau tidak, maka jalan ini akan cepat putus,” kata Thabrani.

Setelah dilakukan peninjauan langsung oleh Gubernur beserta jajaran, sambung Thabrani, maka BPJN berharap ada solusi yang tepat untuk mengatasi kerusakan jalan menahun yang disebabkan aktivitas tambang tersebut. Sebab, perbaikan kualitas jalan akan sia-sia jika penataan tambang di kawasan itu tidak dilakukan dengan benar.

“Untuk sementara, jalan nasional di sini tetap kita pelihara, tapi dengan sistem fungsional. Kita tutup lobangnya dengan sirtu atau dengan teknis lainnya. Tetapi belum bisa kita tingkatkan kualitas penanganannya, selama penataan tambangnya belum baik dan benar,” ucap Thabrani lagi.

Turut mendampingi Gubernur saat meninjau kerusakan ruas jalan nasional di Aie Dingin tersebut, Kepala Dinas ESDM Sumbar, Herry Martinus; Kepala DLH Sumbar, Tasliatul Fuadi; Kepala Bappeda Sumbar, Medi Iswandi; Kepala Dinas BMCKTR Sumbar, Erasukma Munaf; Kepala Biro Adpim Setdaprov Sumbar, Mursalim; Kepala Biro Umum Setdaprov Sumbar, Edi Dharma Syafni; dan sejumlah pejabat lain di lingkup Pemprov Sumbar.

(*)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT