BeritaKota PayakumbuhSumatera Barat

Zeki Oktariza Karini Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama KAN 10 Nagari di Payakumbuh

78
×

Zeki Oktariza Karini Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama KAN 10 Nagari di Payakumbuh

Sebarkan artikel ini
Zeki Oktariza Karini Silaturahmi Dan Buka Puasa Bersama Kan 10 Nagari Di Payakumbuh
Zeki Oktariza Karini Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama KAN 10 Nagari di Payakumbuh. (f/yusra akbar)

Mjnews.id – Zeki Oktariza Karini dan Kerapatan Adat Nagari (KAN) dari 10 Nagari di Kota Payakumbuh adakan silaturahmi sekaligus buka puasa bersama.

Pertemuan tersebut juga membahas dan membicarakan tentang Kota Payakumbuh ke depannya.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

“Dalam waktu dekat ini, kita akan melakukan perhelatan pemilihan calon walikota Payakumbuh. Untuk itu, selaku niniak mamak yang berasal dari Koto Nan Ampek, Saya mengadakan silaturahmi,” kata pria yang akrab disapa Zeki, Minggu 31 Maret 2024, di Restoran Asia Baru, dekat pusat Kota Payakumbuh.

Zeki Oktariza Karini juga menyampaikan dan mengakui bahwa dirinya sudah siap untuk menyongsong pilkada Kota Payakumbuh.

Dia diminta banyak pihak untuk maju menjadi calon walikota Payakumbuh. Dan juga dirinya sudah selesai menjalankan seluruh proses adat untuk gelar adatnya.

“Karena permintaan dari banyak pihak, kita akhirnya memutuskan siap untuk maju menjadi calon walikota Payakumbuh, tentu saat ini kita sedang melihat dan mempertimbangkan segalanya, izin dari pemuka adat, niniak mamak dan bundo kanduang harus kita kantongi,” tutup Zeki.

Sementara itu, menurut Ketua KAN Koto Nan Ompek, Dt. Pangulu Rajo Nan Itam, silaturahmi ini juga membicarakan siapa pemimpin selanjutnya kota Payakumbuh memang harus dibicarakan, karena ini demi Kota Payakumbuh lima tahun ke depan.

“Pemimpin Kota Payakumbuh selanjutnya harus yang mengerti dengan Adat Basandi Syarak dan Syarak Basandi Kitabullah, dimana hal itu pasti menjadi poin penting dalam memimpin, taat dengan aturan adat, taat dengan aturan agama dan taat dengan aturan hukum,” ujarnya.

“Kemudian kenapa ada Zeki Oktariza Karini dalam acara diskusi malam ini, Zeki Oktariza merupakan bagian dari Niniak Mamak Koto Nan Ompek yang sudah melewati perjalanan adat dari Koto Sikumbang kemudian ditingkatkan Niniak Mamak Sakoto Diateh dan akhirnya ke KAN Koto Nan Ompek, artinya Zeki sudah melakukan perjalanan adat Koto Nan Ompek,” terangnya lagi.

Hal senada juga disampaikan Dt. Mangkuto Nan Putiah dari Koto Nan Godang mengatakan, kalau ada dari kita yang maju kenapa harus mendukung orang yang lain.

“Tentunya kita mendukung putera daerah kita, kalau ada dari kita yang cocok dan mampu untuk menjadi calon walikota Payakumbuh mengapa harus pilih yang lain,” sebutnya.

Terpisah, Dt. Mangguang Tirawan dari Payobasuang, menurutnya tentu kita memilih pemimpin itu harus yang sesuai dengan kebutuhan Kota Payakumbuh ke depan nya.

Tampak hadir Dt. Pado Pangulu Pasukuan Bendang Koto Nan Ompek, Dt. Paduko Marajo Pasukuan Ampek Niniak Aua Kuniang, Dt.Paduko Tuan Limbukan, Dt. Paduko Nan Putiah Koto Nan Godang, Dt.Mangguang Tirawan 9 Dikato Payobasuang.

Kemudian Dt.Gayua Koto Nan Ompek, Dt.Paduko Sati Marajo, Dt.Majo Nan Capuak Koto Nan Ompek, Dt.Majo Nan Runciang Koto Nan Ompek, Ketua KAN Koto Nan Ompek Y. DT. Pangulu Rajo Nan Itam, Dt.Payuang Omeh Koto Ompek, Dt.Paduko Tuan Koto Nan Ompek dan Dt. Sinaro Kayo.

(Yud)

Kami Hadir di Google News