BeritaKabupaten Agam

Diduga Rem Blong, Bus ALS Rebah Kuda di Malalak, 2 Meninggal dan 15 Dirawat

282
×

Diduga Rem Blong, Bus ALS Rebah Kuda di Malalak, 2 Meninggal dan 15 Dirawat

Sebarkan artikel ini
Bus Als Rebah Kuda Di Malalak
Bus ALS Rebah Kuda di Malalak Timur, Kabupaten Agam. (f/ist)

Mjnews.id – Sebuah Bus PO ALS (Antar Lintas Sumatera) dengan nomor plat polisi BK 7371 UD tujuan Muara Bungo mengalami kecelakaan lalu lintas sehingga rebah kuda di Nyiur, Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, pada Senin 15 April 2024 sekitar pukul 16.10 WIB.

Bus ALS tersebut datang dari arah Bukittinggi menuju Padang via Malalak, sesuai dengan aturan One Way yang diterapkan oleh Satlamtas Polda Sumbar, untuk mengurangi kemacetan akibat arus balik perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Kronologisnya, sesampai di lokasi kejadian di daerah Nyiur, daerah yang menurun, berkemungkinan bus mengalami rem blong sehingga tidak bisa dikendalikan yang mengakibatkan mobil rebah ke bagian sebelah kanan.

Masyarakat di sekitar lokasi kejadian langsung berinisiatif membantu mengevakuasi korban penumpang bus dan membawa ke rumah sakit terdekat.

Total penumpang Bus ALS tersebut sebanyak 45 orang, termasuk sopir dan kernek.

Ada pun korban terdampak, yakni meninggal dunia 2 orang, korban dirawat di Puskesmas Malalak 13 orang, korban dirawat di Rumah Sakit Pariaman 2 orang dan korban selamat belum bisa dipastikan, karena di lokasi kejadian hujan deras.

Sampai berita ini diturunkan, masih dilakukan evakuasi korban.

Di sekitar lokasi kejadian, terdapat daerah penurunan yang panjang yang membuat tekanan tahanan rem bekerja secara extra sehingga berkemungkinan rem panas yang berakibat bocor dan tak mampu menahan beban.

Sementara proses evakuasi terkendala akibat jalan yang dilalui menuju rumah sakit penuh dengan kendaraan arus balik pascalebaran.

(eko)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT