BeritaSumatera Barat

Sumbar Jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional

17
×

Sumbar Jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah. (f/pemprov)

Mjnews.id – Gubernur Mahyeldi Ansharullah, menyatakan bahwa Sumatera Barat (Sumbar) resmi didapuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2024 pada 26 April mendatang.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dijadwalkan hadir langsung dalam peringatan HKBN tersebut.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Alhamdulillah, kita kembali dipercaya untuk menghelat kegiatan skala nasional. Yaitu Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, dengan lokus utama kegiatan nantinya di Kota Padang. InsyaAllah kita akan siapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin,” ujar Gubernur Mahyeldi di sela kegiatannya di Padang, Selasa 23 April 2024.

Terkait rencana rangkaian kegiatan HKBN nantinya, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sumbar, Rudi Rinaldi menerangkan, terdapat beberapa poin arahan yang disampaikan BNPB terkait peringatan HKBN di Sumbar.

Pihaknya pun hingga saat ini masih terus menjalin komunikasi dengan berbagai pihak untuk memastikan seluruh rangkaian tersebut dapat berjalan dengan baik nantinya.

“Beberapa poin yang disampaikan antara lain, khusus untuk tujuh kabupaten/kota di wilayah pesisir Sumbar, itu akan ikut geladi terkait ancaman bencana gempa bumi dan tsunami, sementara untuk kabupaten/kota lainnya hanya ikut geladi ancaman gempa bumi. Total di seluruh Indonesia, geladi ini akan berlangsung di 30 kabupaten/kota,” ucap Rudi menjelaskan.

Direncanakan, sambung Rudi, Gedung Padang Youth Centre akan menjadi posko utama tempat pemantauan geladi yang berlangsung di 30 titik di seluruh Indonesia tersebut.

Kemudian, juga direncanakan penandatangan plakat dorongan untuk mereplikasi early warning system (EWS) Inklusi dan Tsunami Safe Zone yang berlaku di Sumbar, untuk diterapkan di daerah lain yg memiliki ancaman serupa dengan Sumbar.

“Nantinya plakat tersebut akan ditandatangani oleh Bapak Gubernur dan Bapak Kepala BNPB, disaksikan oleh Bapak Menko PMK. Nanti selain seminar, juga ada beberapa kegiatan lain termasuk gala diner yang akan kita gelar. Dijadwalkan, Bapak Menko PMK, Kepala BNPB, dan Sestama BNPB sudah berada di Sumbar pada 25 April nanti,” ucap Rudi menutup.

(adpsb)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT