BeritaKota Payakumbuh

Terkait Temuan Audit BPK di Dinas Pendidikan Payakumbuh, Ini Kata Legislator Mesrawati

1428
×

Terkait Temuan Audit BPK di Dinas Pendidikan Payakumbuh, Ini Kata Legislator Mesrawati

Sebarkan artikel ini
Mesrawati, anggota fraksi PAN DPRD Kota Payakumbuh
Mesrawati, anggota fraksi PAN DPRD Kota Payakumbuh. (f/ist)

Mjnews.id – Terkait hebohnya temuan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Pemko Payakumbuh tahun anggaran 2023 menemukan dugaan kemahalan (mark up) pengadaan perlengkapan siswa melalui e-Katalog oleh Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh sebesar Rp329.545.000, mendapat tanggapan dari legislator Partai Amanat Nasional Payakumbuh.

Mesrawati, anggota DPRD fraksi PAN kepada wartawan mengatakan sangat menyesali temuan BPK yang menyimpulkan akibat lalainya penggunaan anggaran dalam mengawasi proyek yang memakai uang negara tersebut.

“Saya berharap agar di tahun ini tak ada lagi temuan audit BPK di instansi Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh,” ucap mantan Kepala SD Kota Payakumbuh melalui pesan singkat whatsappnya, Senin 24 Juni 2024.

Dikatakan Mesrawati, dari awal kita memang tidak setuju dengan pengadaan pakaian untuk anak sekolah dengan alasan tidak tepat sasaran, kualitas barang terlalu kurang serta barang yang datang banyak yang tidak sesuai dengan ukuran badan murid- murid yang menerima bantuan pakaian.

“Saya pikir sangat mubazir dengan dana sebanyak itu, tidak tepat sasaran,” kata srikandi DPRD kota Payakumbuh itu.

Mesrawati juga menjelaskan, setiap rapat kita selalu ingatkan untuk menaikkan insentif guru honorer, minimal UMR lah. Sayang seribu kali sayang tidak digubris oleh Dinas Pendidikan.

“Saya juga meminta kepada Pj Wali Kota Payakumbuh segera mungkin lakukan rotasi Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, karena Kepala Dinas Pendidikan selaku PA kurang melakukan pengawasan dan pengendalian pekerjaan di satuan kerjanya, PPK dan PPTK masing-masing pekerjaan tidak cermat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya,” pinta Mesrawati.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Pendidikan Pemko Payakumbuh melakukan belanja barang untuk diserahkan kepada masyarakat berupa pengadaan perlengkapan siswa melalui E-Katalog dengan memilih penyedia yang ada pada E-Katalog yaitu CV. AJ dengan dua paket kegiatan nilai kontrak mencapai Rp2.917.640.000.

Hasil analisis berupa reviu dokumen, pemeriksaan pada aplikasi E-Katalog, wawancara dan observasi lapangan diketahui hal-hal sebagai berikut:

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600