BeritaKPUPadang PanjangSumatera Barat

Bimtek PPK dan PPS 16 Kelurahan di Padang Panjang Berakhir

151
×

Bimtek PPK dan PPS 16 Kelurahan di Padang Panjang Berakhir

Sebarkan artikel ini
Komisioner Kpu Padang Panjang, Masnaidi
Komisioner KPU Padang Panjang, Masnaidi. (f/ist)

Mjnews.idBimbingan Teknis (Bimtek) Pemilu yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Panjang, Jumat (26/1/2024) pekan lalu, resmi ditutup hari ini Senin 29 Januari 2024 siang, oleh Komisioner KPU Padang Panjang, Masnaidi.

Bimtek digelar selama 4 hari di 16 Kelurahan Padang Panjang Barat dan Padang Panjang Timur, diikuti 1.372 orang peserta. Diharapkan Bimtek dapat meningkat pemahaman dari anggota PPS PPK dalam hal pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Sirekap.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

“Keberhasilan tahapan pemilu, khususnya penggunaan sistem informasi, butuh kerjasama yang kuat untuk bisa melalui fase tahapan pemilu yang padat seperti saat ini. Selaku Komisioner KPU kita menegaskan dukungan penuh pemanfaatan Sirekap sebagai alat bantu Pemilu 2024,” ujar Masnaidi.

Masnaidi mengajak para anggota PPS, PPK dan PPK bersama jajaran KPU, bersatu padu, menyukseskan tahapan menuju 14 Februari 2024.

Masnaidi mengingatkan, meski tanggung jawab pemilu ada dipundak KPU dan semua mata masyarakat tertuju sehingga perlu untuk KPU membuktikan mampu melaksanan tahapan pemilu berjalan baik bersama PPK dan PPS.

Selama empat hari terakhir, peserta bimtek mengikuti simulasi dan uji coba Sirekap serta pemberian pembekalan materi dengan moderasi KPU Padang Panjang. Sejatinya, bimtek ini sangat perlu, mengingat bobot kerja yang tinggi selama pemungutan dan penghitungan suara di masing-masing-masing TPS pada 14 Februari 2024 nanti.

Masnaidi menambahkan, nantinya PPS akan membimtek KPPS dengan metode pembelajaran pelaksanaan Pemilu 2024. Utamanya soal penggunaan hak suara, baik yang pindah memilih maupun daftar pemilih khusus (DPK). “Peran PPS dan PPK, sangat fital. Mengingat, lancar dan sukesnya pelaksanaan pemilu sangat tergantung dari kecakan para anggota PPS dan PPK dalam menyerap semua materi sewaktu mengikuti Bimtek,” ujarnya.

Melalui bimtek yang sudah diikuti, PPK dan PPS bisa meneruskan ke KPPS dengan harapan dalam pelaksanaan pemungutan di TPS tidak ada kesalahan. PPK dan PPS, merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan pemilu nanti. Sikap, Profesional sangat diperlukan. Jangan sampai ada PPS dan PPK terseret arus politik dan berpihak pada orang tertentu.

Secara terpisah Ketua KPU Kota Padang Panjang Puliandri mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel PPK dan PPS yang telah dengan serius mengikuti acara bimtek.

“Tujuan pelaksanaan bimtek ini, ingin memastikan kepada para penyelenggara pemilihan dalam rangka memberikan pemahaman bersama, baik dari tingkat KPU , PPK, PPS dan KPPS dalam mengikuti bimtek dan KPU sebagai penyelenggara,” pungkas Puliandri.

Kami Hadir di Google News