banner pemkab muba
Jawa Tengah

HUT ke-73, IDI Purworejo Gelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar dan Trauma Dasar

219
×

HUT ke-73, IDI Purworejo Gelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar dan Trauma Dasar

Sebarkan artikel ini
Idi Purworejo Gelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Dan Trauma Dasar
IDI Purworejo Gelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar dan Trauma Dasar. (f/humas polres)

MJNews.id – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Purworejo menggelar pelatihan Bantuan Hidup Dasar dan Trauma Dasar dalam rangka memperingati hari ulang tahun IDI ke 73 di Ballroom In Sanjaya Hotel Purworejo, Sabtu (14/10)2023).

Acara diselenggarakan dalam rangka memberikan pelatihan terhadap peserta dalam memberikan pertolongan pertama yang dilakukan pada seorang pasien/korban henti jantung, henti nafas dan kasus trauma/ cidera.

Tujuan kegiatan ini dilakukan adalah untuk meningkatkan keterampilan peserta dari lembaga atau instansi bukan tenaga medis dalam menangani kasus-kasus dengan Kegawatdaruratan, khususnya dalam memberikan Bantuan Hidup Dasar di saat bantuan Medis belum ada.

Acara diikuti oleh beberapa lembaga masyarakat yang ada di Purworejo di antaranya dari personel Polres Purworejo, LSM GMPUR, GMPK, PWI, PWRI, DAMKAR, BPBD dan unsur Nakes.

“Resusitasi jantung paru merupakan bagian dari Tindakan bantuan hidup dasar. Tindakan ini dilakukan untuk menjaga jalan nafas terbuka, menunjang pernafasan dan sirkulasi tanpa menggunakan alat-alat bantu,” jelas dr Muhammad Reza Ardyanto, Sp. An sebagai pemateri pelatihan.

Usaha ini harus dimulai dengan mengenali secara tepat keadaan tanda henti jantung atau henti nafas dan segera memberikan bantuan sirkulasi dan ventilasi.

“Selain itu, Resusitasi juga dikatakan sebagai sebuah upaya menyediakan oksigen ke otak, jantung dan organ-organ vital lainnya,” terang dr Aziz Aimaduddin Al-Islamy, Sp. B, Finacs.

Ketua penyelenggara dr Teguh Pambudi, MARS mengatakan, kegiatan pelatihan sebagai wujud kepedulian IDI terhadap penanganan bantuan darurat yang benar sesuai SOP pada kasus kegawatdaruratan yang banyak ditemukan di tengah masyarakat.

(fix)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600