banner pemkab muba
Jawa TimurPendidikan

Wakil Bupati Malang Hadiri Penguatan Pengurus MKKS SMKS di Kota Batu

148
×

Wakil Bupati Malang Hadiri Penguatan Pengurus MKKS SMKS di Kota Batu

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Malang Saat Memberikan Paparan
Wakil Bupati Malang saat memberikan paparan. (f/prokopim)

Mjnews.id – Pengarahan dan penguatan pengurus baru Musyawarah Kerja Kepala Sekolah – Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (MKKS – SMKS) Kabupaten Malang berlangsung di Hotel Zam-zam, Kota Batu. Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto turut hadir dalam acara tersebut.

Didik Gatot Subroto mengapresiasi dan menyambut baik kontribusi serta partisipasi dari semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan Vokasi/SMK Swasta di wilayah Kabupaten Malang.

Wakil Bupati Malang menyatakan bahwa SMK menjadi wahana pendidikan formal yang bertujuan untuk mempersiapkan para siswa menjadi tenaga kerja tingkat menengah dengan pengetahuan, keterampilan, keahlian, dan kesiapan dalam bekerja. Oleh karena itu, dunia pendidikan memiliki peran besar dalam mengatasi masalah ketenagakerjaan, termasuk masalah pengangguran.

Selain itu, Wakil Bupati Malang menekankan pentingnya SMK dalam menyiapkan sumber daya manusia yang sesuai dengan bidang keahlian yang berkembang di masyarakat. Dia menyatakan bahwa peran penyelenggaraan pendidikan kejuruan sangat menentukan keberhasilan pembangunan nasional.

Wakil Bupati Malang juga menyoroti pentingnya pembelajaran praktik yang memadai untuk menambah pengalaman dan keterampilan peserta didik di SMK. Dalam mewujudkan pembelajaran praktik tersebut, beberapa aspek perlu diperhatikan, seperti pendanaan, mitra kerja, guru produktif, dan fasilitas praktik yang memadai.

Dalam rangka pengembangan SMK, Wakil Bupati Malang menyatakan ada beberapa hal yang perlu menjadi fokus utama, termasuk pengembangan dan penyelarasan kurikulum, standarisasi sarana dan prasarana, pemenuhan dan peningkatan profesionalitas guru, inovasi pembelajaran, perluasan kerja sama, dan pengelolaan dan penataan kelembagaan.

Wakil Bupati Malang berharap kegiatan tersebut menjadi forum komunikasi untuk membahas permasalahan dominan yang dihadapi SMK Swasta di Kabupaten Malang, sehingga dapat merumuskan solusi dan kebijakan terbaik dalam menyelesaikannya.

Dia juga berharap dengan kepengurusan baru, MKKS – SMKS Kabupaten Malang dapat meningkatkan manajemen pengelolaan sekolah yang efisien untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

(*/rmn)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600