Kemenag

Viral Pemalsuan Barcode QRIS Kotak Amal, Kemenag: Tetap Berinfak, Cek Rekening Tujuan!

279
×

Viral Pemalsuan Barcode QRIS Kotak Amal, Kemenag: Tetap Berinfak, Cek Rekening Tujuan!

Sebarkan artikel ini
Kasubdit Kemasjidan Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, Akmal Salim Ruhana
Kasubdit Kemasjidan Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, Akmal Salim Ruhana. (f/ist)

Mjnews.id – Aksi pemalsuan barcode QRIS kotak amal terjadi di sejumlah masjid di Jakarta. Dalam rekaman kamera CCTV yang viral di media sosial, terlihat seorang pria menempelkan stiker QRIS palsu di kotak amal masjid. Akibatnya, infak jemaah tidak terkirim ke rekening masjid, tetapi masuk ke rekening pelaku.

Terkait itu, Kasubdit Kemasjidan, Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, Akmal Salim Ruhana menegaskan hal tersebut merupakan tindak kriminal pencurian dana umat.

“Ini jelas kriminal, penipuan dan pencurian dana umat,” ujar Akmal saat dihubungi wartawan, Selasa (11/4/2023).

Akmal mengimbau jemaah masjid untuk tetap berinfak, dan memastikan rekening tujuan yang tertera di aplikasi pemindai barcode adalah rekening masjid, bukan nama orang.

“Umat atau jemaah masjid perlu lebih cermat saat hendak berinfak melalui QRIS. Cek nama rekening tujuan. Tentu sama dengan nama masjid, bukan nama seseorang. Pastikan hal itu,” tegasnya.

Ia mengatakan, kasus tersebut menjadi pelajaran bagi jemaah untuk lebih cermat, bukan dijadikan alasan untuk tidak berinfak di masjid.

Ia juga berharap kasus ini dapat mendorong para pengurus masjid untuk terus meningkatkan penguasaan teknologi digital.

“Kasus ini mudah-mudahan memberi pelajaran untuk kita lebih waspada dan melek teknologi, bukan menjadi alasan enggan berinfak di masjid. Digitalisasi keuangan masjid (dengan penggunaan QRIS) yang berfungsi untuk transparansi keuangan masjid perlu terus diupayakan,” pungkasnya.

(hms/eki)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600