Kemendagri

Kepala BPSDM Ajak Satpol PP Fokus dan Solid Dukung Pemilu dan Pilkada 2024

148
×

Kepala BPSDM Ajak Satpol PP Fokus dan Solid Dukung Pemilu dan Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini
Diklat Teknis Satpol Pp Untuk Mendukung Pemilu Dan Pilkada Serentak 2024 Angkatan V Dan Vi
Diklat Teknis Satpol PP untuk Mendukung Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 Angkatan V dan VI di Kemang, Bogor, Selasa (13/6/2023). (f/puspen)

Mjnews.id – Kesiapan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam menghadapi tahapan Pemilu 2024 menjadi salah satu kunci keberhasilan gelaran tersebut. Dibutuhkan soliditas dari seluruh entitas untuk memberikan pelayanan yang optimal dan bekerja sama dalam menghadapi tantangan ke depan.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sugeng Hariyono saat membuka Diklat Teknis Satpol PP untuk Mendukung Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 Angkatan V dan VI di Kemang, Bogor, Selasa (13/6/2023).

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Dalam sambutannya, Sugeng berharap Satpol PP dapat menjaga ketenteraman dan ketertiban umum, terutama menjelang Pemilu pada 14 Februari 2024 dan Pilkada pada 27 November 2024. Satpol PP memiliki peran penting dalam menegakkan dan memastikan ketenteraman dan ketertiban agar Pemilu dan Pilkada dapat berjalan dengan aman hingga pelantikan. Terlebih, ketenteraman dan ketertiban merupakan urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar.

“Karena kita akan menyelenggarakan pemilu, tolong pastikan melakukan pemetaan area-area rawan konflik mulai dari sekarang,” ujar Sugeng.

Sugeng mengutip kaidah pepatah lama Yunani yaitu “Salus Popui Suprema Lex Esto” yang berarti keselamatan masyarakat merupakan hukum tertinggi. Dia menekankan pentingnya menjaga keselamatan masyarakat dan berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah terjadinya korban dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada.

Dirinya berharap, Diklat ini dapat meningkatkan kompetensi dan kesiapan Satpol PP dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Melalui kerja sama dan kesolidan antarentitas, diharapkan pelaksanaan tahapan pemilu dapat berjalan dengan baik dan tetap bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

(rel)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT