KemendagriKepulauan Riau

Kenakan Pakaian Ini, Mendagri Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Pantai Piwang, Natuna

188
×

Kenakan Pakaian Ini, Mendagri Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Pantai Piwang, Natuna

Sebarkan artikel ini
Mendagri Pimpin Upacara Hut Kemerdekaan Ri Ke-78 Di Pantai Piwang, Natuna
Mendagri Muhammad Tito Karnavian Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Pantai Piwang, Ranai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. (f/puspen)

Mjnews.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun/HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, di Pantai Piwang, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (17/8/2023).

Dalam kesempatan itu, Mendagri mengenakan pakaian kebesaran adat Melayu dengan nuansa warna hitam dan kuning keemasan. Pakaian adat serupa juga turut dikenakan oleh Istri Mendagri, Tri Tito Karnavian, yang hadir mendampingi.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Upacara tersebut diikuti oleh perwakilan Pegawai Negeri Sipil (PNS), Satpol PP, TNI, Polri, Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perhubungan, organisasi masyarakat, mahasiswa, dan pelajar Kabupaten Natuna. Selain itu, upacara turut disaksikan oleh masyarakat setempat yang memadati sekitar lokasi upacara.

“Hari ini saya selaku Mendagri sekaligus Kepala BNPP (Badan Nasional Pengelola Perbatasan) hadir di sini untuk menjadi Inspektur Upacara, saya sudah meminta izin kepada Bapak Presiden untuk melaksanakan upacara di Natuna ini,” ujar Mendagri kepada awak media massa setelah upacara berlangsung.

Mendagri mengatakan, Natuna merupakan daerah terluar yang sangat strategis bagi bangsa Indonesia. Karena itu, Presiden memberikan izin kepada dirinya untuk hadir menjadi Inspektur Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Kabupaten Natuna.

Dirinya berharap, dengan adanya kegiatan tersebut dapat semakin memperkuat rasa nasionalisme di Kabupaten Natuna termasuk di Provinsi Kepri. Upacara ini juga sekaligus menjadi simbol kedaulatan, khususnya di daerah perbatasan. “Karena ini hari yang sangat bersejarah kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78,” ujarnya.

Mendagri sangat mengapresiasi pelaksanaan upacara tersebut karena berlangsung tertib. Apresiasi lebih juga diberikannya kepada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) lantaran peran krusial mereka pada detik-detik pengibaran bendera yang menjadi bagian paling kritis dan ditunggu-tunggu oleh banyak pihak.

“Tapi kita melihat hampir sempurna, jadi tidak kalah dengan ada yang di Istana (Negara),” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Mendagri juga menyerahkan secara simbolis 1.000 bendera merah putih kepada Bupati Natuna Wan Siswandi. Penyerahan itu merupakan bagian dari Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang diinisiasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, kehadiran Mendagri sebagai Inspektur Upacara menjadi penyemangat bagi masyarakat Natuna untuk terus membangun daerahnya lebih baik. Dirinya menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), TNI, Polri, seluruh masyarakat, dan pihak terkait lainnya yang telah menyukseskan kegiatan tersebut.

“Mudah-mudahan sekali lagi kehadiran Pak Menteri memacu semangat kita untuk terus menjadikan Natuna ke depan lebih maju dan lebih berkembang,” tandasnya.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepri, Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri, Ketua Pengadilan Tinggi Kepri, Kepala Badan Intelijen Daerah (Binda) Kepri, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kepri, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Kepri, Kepala OPD Kabupaten Natuna, serta berbagai pihak terkait lainnya.

(rel)

Kami Hadir di Google News