Kemensos

Itjen Kemensos Hadir di Expo Pengawasan Intern TMII, Ini Tujuannya

273
×

Itjen Kemensos Hadir di Expo Pengawasan Intern TMII, Ini Tujuannya

Sebarkan artikel ini
Itjen Kemensos Hadir di Expo Pengawasan Intern TMII
Itjen Kemensos Hadir di Expo Pengawasan Intern TMII. (f/humas)

Mjnews.id – Inspektorat Jenderal Kementerian Sosial (Itjen Kemensos) turut meriahkan HUT Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Keterlibatan Itjen Kemensos salah satunya dimaksudkan untuk bisa lebih dikenal masyarakat.

Pada acara yang digelar pada Expo Pengawasan Intern di Pendopo Agung Sasana Langen Utomo Taman Mini Indonesia, booth Itjen Kemensos yang bernuansa merah banyak diatensi para pengunjung. Itjen tampil dengan tema “Pengawasan Penerima Bantuan Sosial dengan Cara Melibatkan Langsung Partisipasi Masyarakat untuk Memastikan Bantuan Tepat Sasaran”.

Di sana, para pengunjung diberikan pemahaman mengenai tugas, fungsi dan kinerja Itjen Kemensos. Tak lupa, tim dari Itjen pun memperkenalkan aplikasi cek bansos. Banyak pengunjung booth yang belum begitu paham mengenai cakupan pengawasan Itjen Kemensos dan Kementerian Sosial.

Salah seorang pengunjung pun mengaku kurang tahu-menahu mengenai Itjen Kemensos. Yang diketahui dari Kemensos selama ini hanyalah bansos.

“Selama ini, saya pahamnya Kemensos ya ngurusin bansos. Tapi saya kurang paham mengenai Itjennya. Apa saja yang diurus oleh Itjen. Saya bahkan baru tahu tentang aplikasi Cekbansos ini,” ujar Yuli, salah seorang pengunjung yang berasal dari Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan yang hadir pada kegiatan bertema “Inovasi dan Kolaborasi Pengawasan Adaptasi untuk Pertumbuhan Berkelanjutan” , Senin (19/6/2023).

Menanggapi isu tersebut, Plt. Inspektur Jenderal, Dody Sukmono, mengatakan hal ini merupakan tantangan. “Ini tantangan bagi Itjen Kemensos untuk menyosialisasikan atau memperkenalkan diri lebih dekat ke masyarakat karena ini berkaitan dengan pengawasan yang kita lakukan,” katanya.

Selain itu, Dody menambahkan bahwa Itjen Kemensos membutuhkan peran serta masyarakat dalam mengawal pengawasan bansos agar tepat sasaran. Hal ini karena di lapangan, penerima bansos belum sepenuhnya sempurna.

“Tagline kita ada Kawal Akuntabilitas, artinya pengawasan kita juga bisa dikontrol oleh publik. Kita membutuhkan partisipasi masyarakat, terutama untuk usul dan sanggah karena penerima bansos belum sepenuhnya sempurna. Expo ini bisa menggugah peran serta masyarakat untuk menggunakan aplikasi atau memberikan masukan kepada Kemensos dalam hal penyaluran bansos agar tepat sasaran,” ungkap Dody.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600