banner pemkab muba
KesehatanOpini

Harus Tahu! Pentingnya Memperingati Hari Dokter Nasional

128
×

Harus Tahu! Pentingnya Memperingati Hari Dokter Nasional

Sebarkan artikel ini
hari dokter nasional

Oleh: Arizal Zedtry
Mjnews.id – Dokter merupakan praktisi kesehatan yang sangat besar dalam berkontribusi selama wabah virus Covid-19 melanda negeri ini. Seperti yang kita tahu, dokter sangat berjasa dalam melakukan pemeriksaan, pengobatan dan perawatan terhadap pasien dengan ilmu pengetahuan medis yang dokter miliki.
Tak hanya sampai di situ, peran dokter juga sangat penting dalam memberikan informasi mengenai cara mencegah agar masyarakat tidak terpapar virus tersebut.
Bahkan, seperti dilansir detiknews, dokter di Indonesia hanya memiliki empat dokter yang melayani 10.000 penduduk. Begitu pula dengan angka rasio ketersediaan perawat, di mana dua orang perawat melayani 1.000 penduduk. Di sana kita dapat melihat bagaimana perjuangan dokter yang sangat berat dalam menghadapi pandemi yang sedang terjadi.
Dokter juga memiliki peran dalam kehidupan kita sehari-hari, yaitu dengan memberikan kita informasi-informasi tentang kesehatan melalui media komunikasi yang sangat mudah kita akses pada masa pandemi ini, seperti hanya dengan melihat layar ponsel kita sudah bisa dengan mudah berkonsultasi dengan dokter terkait masalah kesehatan.
Oleh karena itu, sebagai masyarakat Indonesia harus mengetahui hari penting bagi para dokter yang telah membantu kita selama ini. 
Salah satu hari penting bagi dokter di Indonesia yaitu Hari Dokter Nasional yang diperingati pada tanggal 24 Oktober setiap tahunnya. Istimewanya Hari Dokter Nasional ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Ikatan Dokter Indonesia.
Dilansir kompaspedia, pada awal dibentuknya Ikatan Dokter Indonesia (IDI), bertujuan untuk menunjukkan kemandirian para dokter di Indonesia dalam menjaga profesi dokter sebagai salah satu profesi yang mulia. Hari Dokter Nasional atau Hari Ulang Tahun ini juga berfungsi pada zaman sekarang sebagai pengingat dan penyemangat bagi para dokter Indonesia, terutama pada masa pandemi sekarang.
Semangat para dokter harus terus dijaga agar semua pekerjaan bisa dijalankan dengan baik.
Menurut Penulis, kita sebagai masyarakat Indonesia penting untuk mengetahui Hari Dokter Nasional ini, karena dengan itu para dokter yang sedang bekerja demi kita sekarang bisa merasakan dihargai dan juga diapresiasi.
Sumber :
(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600