ADVERTISEMENT
ParlemenPasaman BaratSumatera Barat

Ada Lomba Maapam dalam Reses Emma Yohanna di Katimaha, Pasbar

146
×

Ada Lomba Maapam dalam Reses Emma Yohanna di Katimaha, Pasbar

Sebarkan artikel ini
Senator Emma Yohanna Adakan Reses Di Jorong Katimaha, Nagari Lingkuang Aua Koto Dalam, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Pada Minggu 4 Februari 2024.
Senator Emma Yohanna adakan Reses di Jorong Katimaha, Nagari Lingkuang Aua Koto Dalam, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, pada Minggu 4 Februari 2024. (f/mjnews.id/widra hayadi)

Mjnews.id – Anggota DPD RI, Emma Yohanna adakan Reses di Jorong Katimaha, Nagari Lingkuang Aua Koto Dalam, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, pada Minggu 4 Februari 2024.

Untuk memeriahkan reses tersebut, pada siang harinya Koperasi Serba Usaha Ar-Arrisalah Sukses Sejahtera (KSU-ASS) juga mengadakan lomba maapam sebagai upaya melestarikan tradisi.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Terpantau di lapangan, ratusan perempuan dari lintas umur hadir dalam acara tersebut, dengan memakai baju kurung basiba, para ibu ibu antusias mengajarkan cara maapam pada generasi muda, dengan tujuan agar tradisi maapam dapat dilestarikan secara turun temurun.

“Tujuan lomba maapam yang dilaksanakan ini adalah untuk menjaga silturahmi dan mempertahankan tradisi menyambut bulan suci Ramadhan yang biasa disebut bulan apam atau bulan Rajab”, ujar Nur Fauziah Zein, salah seorang peserta lomba saat diwawancarai di lokasi.

Baca Juga  Wabup Pasbar Tinjau Program Tahfizh Al-Qur'an di SDN 06 Talamau

Dia menjelaskan, untuk acara lomba maapam panitia telah menyediakan ratusan tungku, namun perlengkapan masak dan bumbu dibawa oleh peserta lomba dari rumah masing-masing. Para peserta terlihat cukup antusias saat mengikuti lomba tersebut.

“Kita berharap estafet tradisi adat maapam di bulan rajab harus terus di lestarikan oleh generasi penerus atau kaum muda pada saat sekarang,” jelasnya.

Seteleh selesai mengadakan lomba maapam, di tempat yang sama dilanjutkan dengan reses dari anggota DPD RI, Emma Yohanna. Reses tersebut dalam rangka amanat Undang-Undang yang wajib dilaksanakan untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Baca Juga  APBN 2023 Harus Tetap Pro Daerah di Tengah Transisi ke Defisit 3 Persen.

Ratusan bapak-bapak dan ibu-ibu sangat semangat menghadiri dan memberikan usulan agar dapat diterima dan dilaksanakan.

“Sejak beberapa hari belakangan kami turun ke daerah masing-masing menyerap aspirasi masyarakat, terutama tentang kesenian, kebencanaan dan lalu lintas,” jelas Emma Yohanna.

Kegiatan tersebut ditutup dengan menggelar hiburan rakyat berupa permainan KIM bertaburkan hadiah seperti, sepeda listrik, mesin cuci, setrika, kipas angin dam banyak hadiah hiburan lainya.

Kegiatam reses dan hiburan rakyat berjalan dengan tertib dan lancar, dihadiri pemuka masyarakat, tokoh adat, wali nagari, Babinkamtibmas, Bhabinsa, dan ratusan masyarakat.

(*)

Kami Hadir di Google News