banner pemkab muba
Kabupaten DharmasrayaMTQPolri

Kapolres AKBP Nurhadiansyah Hadiri Pembukaan MTQ Nasional XI Dharmasraya 2022

149
×

Kapolres AKBP Nurhadiansyah Hadiri Pembukaan MTQ Nasional XI Dharmasraya 2022

Sebarkan artikel ini
Kapolres Akbp Nurhadiansyah Hadiri Pembukaan Mtq Nasional Xi Dharmasraya 2022
Kapolres AKBP Nurhadiansyah Hadiri Pembukaan MTQ Nasional XI Dharmasraya 2022. (f/eko)

Dharmasraya, Mjnews.id – Kapolres AKBP Nurhadiansyah, S.I.K menghadiri acara Pembukaan MTQ Nasional XI Kabupaten Dharmasraya di lapangan Bola Kaki Sopan Jaya, Kecamatan Padang Laweh, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Kamis 17 November 2022 pukul 13.30 WIB.

Pembukaan MTQ Nasional XI diikuti 500 peserta yang tergabung dalam utusan Kafilah dari 11 kecamatan di Kabupaten Dharmasraya.

Pembukaan diawali dengan pembacaan doa dari Kepala Kemenag Kabupaten Dharmasraya, H. Okto Verisman, S.Ag, M.A.

Selanjutnya sambutan dari ketua  Panitia menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya MTQ ini yakni, Untuk meningkatkan syiar agama di Kabupaten Dharmasraya. Kemudian menumbuhkan pemahaman Alquran pada generasi muda.

“MTQ mendorong dan menumbuhkembangkan TPQ/TPSQ yang ada di Kabupaten Dharmasraya, agar nilai-nilai yang terkandung dalam Al Qur’an mudah dipahami dalam kehidupan sehari-hari,” kata ketua panitia.

Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional XI tingkat Kabupaten Dharmasraya ini melombakan 20 cabang yang terdiri dari, Cabang Tilawatil Qur’an, Hafizil Qur’an, Tartil Qur’an, Khotmil Qur’an, Tahlil Qur’an, Khutbah Jumat dan azan, kitab standar, Bintang Qosidah, Seni Kaligrafi Alquran, yang bertemakan “Alquran membumi Generasi Berbudaya” tegasnya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Prov. Sumatera Barat yang diwakili Kabid Penerangan Agama Islam H. Yusrizal, S.Ag., M.A. pada sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan MTQ adalah perhelatan yang sudah melekat di hati masyararakat Indonesia yang diadakan secara rutin dan berjenjang mulai tingkat nagari/desa sampai ke tingkat Nasional.

“MTQ ini bukan hanya sekedar untuk di perlombakan, dan membaca saja, akan tetapi untuk dijadikan pedoman dan edukasi kepada Umat untuk lebih mencintai dan membumikan Alquran,” tambahnya.

Selanjutnya pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dewan Hakim oleh Bupati Dharmasraya serta Penyerahan Tropi bergilir oleh Juara Umum MTQ Nasional & Tingkat Kabupaten Dharmasraya Tahun 2018 kepada Bupati Dharmasraya.

Puncak kegiatan adalah sambutan dari Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E. yang menyampaikan dan  mengajak seluruh masyarakat Dharmasraya menjadikan momentum MTQ sebagai salah satu upaya untuk lebih menyiarkan agama Islam.

Kegiatan  ini ditutup dengan Pengibaran Bendera MTQ yang diiringi Hymne MTQ dan dilanjutkan dengan Mars MTQ serta Devile Kafilah dari 11 Kecamatan (Kafilah dan Ketua Rombongan setiap Kecamatan) yang diakhiri penampilan Seni massal dan Budaya dari pelajar SD dan SMP se-Kecamatan Padang Laweh.

Pada kesempatan yang terpisah, Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah menyampaikan untuk pengamanan penyelanggaraan MTQ Nasional ke-XI di Padang Laweh, Kabupaten Dharmasraya pihak Polres menurunkan Personel untuk melakukan pengaman dan mendukung penuh kegiatan MTQ tingkat Kabupaten yang dilaksanakan selama 3 hari (17 sampai 20 September 2022).

“Kami menurunkan 54 personel yang akan  memberikan pengamanan kegiatan mulai dari kegiatan Pembukaan hingga Penutupan nanti. Selain Personil Polri dari Polres Dharmasraya juga ada unsur pengamanan lain yang ikut mengamankan kegiatan MTQ ini seperti dari TNI (Koramil Kota baru, Satpol PP dan Dishub Kab. Dharmasraya,” ujar Kapolres.

Pembukaan MTQ Nasional XI Kabupaten Dharmasraya juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kab. Dharmasraya Pariyanto, S.H, Kajari Kab. Dharmasraya M. Haris Hasbullah, S.H., M.M,  Dandim 0310 SSD Letkol Inf. Endik Hendra Sandi, S.Sos, M.I.Pol, Danyon C Brimobda Sumbar Kompol Encep Henry, S.H., M.H, Kemenag Kab. Dharmasraya H. Okto Verisman, S.Ag.,M.A, Ketua Baznas Kab. Dharmasraya Z. Lubis, S.H.

Hadir juga Wakil Ketua I DPRD Kab. Dharmasraya Ir. Adi Gunawan, M.M, Wakil Ketua II DPRD Kab. Dharmasraya Ade Sudarman, S.E, Sekda Pemda Kab. Dharmasrsya H. Adlisman, S.Sos, M.Si, Anggota DPRD Kab. Dharmasraya, Asisten Bupati Kab. Dharmasraya, Kepala OPD di lingkungan Pemda Kab. Dharmasraya, Camat se Kab. Dharmasraya, Wali Nagari se Kab. Dharmasraya.

Selanjutnya Dewan Hakim MTQ Nasional XI Kab. Dharmasraya Tahun 2022, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat se Kab. Dharmasraya, Ninik mamak dan Bundo Kanduang se Kab. Dharmasraya, Bhayangkari Polres Dharmasraya, Official MTQ Nasional XI Kab. Dharmasraya Tahun 2022, Peserta / Kafilah MTQ Nasional XI Kab. Dharmasraya Tahun 2022, dan tamu undangan lainnya.

(*/eko)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600