banner pemkab muba
InfrastrukturKabupaten Agam

Jembatan Dua T di Koto Tangah Tilkam Ambruk Diterjang Banjir Bandang

158
×

Jembatan Dua T di Koto Tangah Tilkam Ambruk Diterjang Banjir Bandang

Sebarkan artikel ini
Jembatan Dua T Di Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Ambruk Diterjang Banjir Bandang
Jembatan Dua T di Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, ambruk diterjang banjir bandang. (f/munasril)

Agam, MJNews.ID – Sebuah jembatan dua T yang terletak di antara Jorong Tambuo dan Tampuniak, Kenagarian Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang (Tilkam), Kabupaten Agam ambruk diterjang banjir bandang. Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa 1 Februari pukul 23.00 WIB.

Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut, jembatan dua T sebagai urat nadi ekonomi masyarakat dibangun pada 1901. Ambruknya jembatan yang berusia 121 tahun tersebut mengakibatkan akses jalan putus total.

Ambruknya jembatan dikarenakan terjadi hujan lebat yang melanda Kecamatan Tilatang Kamang dan sekitarnya. Jembatan dua T merupakan akses utama menghubungi tiga kecamatan, yakni Kecamatan Tilatang Kamang, Kamang Magek, Kecamatan Baso.

Kepada MJNews.ID, Wali Nagari Koto Tangah, Amrizal Dt. Maruhun Basa didampingi Babinsa dan sejumlah personel BNPB Agam yang dihubungi Rabu 2 Februari 2022, menuturkan, ambruknya jembatan tersebut terjadi Selasa 1 Februari pukul 23.00 WIB.

“Memang akses jalan putus total tapi kita akan berusaha melakukan tanggap darurat membuat jembatan darurat dengan membentangkan pohon kelapa untuk bisa dilewati oleh sepeda motor. Untuk jembatan yang bagus barangkali menunggu proses cukup panjang, bisa tiga atau empat bulan lamanya,” ujar Amrizal Dt. Maruhun Basa.

(ril)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600