banner pemkab muba
Kabupaten AgamKesehatanSumatera Barat

Ketua Forikan Agam Sosialisasikan Gemarikan di Puskesmas Pembantu Anak Aia Kumayan

221
×

Ketua Forikan Agam Sosialisasikan Gemarikan di Puskesmas Pembantu Anak Aia Kumayan

Sebarkan artikel ini
Sosialisasi Gemarikan Di Puskesmas Pembantu Anak Aia Kumayan
Ketua Forikan Agam, Ny Yenni Sosialisasikan Gemarikan di Puskesmas Pembantu Jorong Anak Aia Kumayan, Lubuk Basung. (f/ist)

Mjnews.id – Ny Yenni Andri Warman sebagai Ketua Forikan Kabupaten Agam sosialisasikan gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan) di Puskesmas Pembantu Jorong Anak Aia Kumayan, Nagari Kampuang Tangah, Kecamatan Lubuk Basung, Rabu (14/06/2023).

Ny Yenni mengimbau, masyarakat untuk selalu berinovasi menciptakan masakan berbahan dasar ikan.

“Ikan tidak hanya sehat bagi anak, tapi dengan rajin makan ikan maka gizi yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak dapat tercukupi,” sebut Ny Yenni.

Selain itu, Ny Yenni mengajak masyarakat untuk membudayakan makan ikan setiap hari.

“Mari kita biasakan anak-anak kita untuk makan ikan di rumah agar nantinya mereka dapat tumbuh menjadi penerus yang sehat, kuat dan cerdas,” tuturnya.

Sementara itu, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Agam, Rosva Deswira mengatakan, sosialisasi Gemarikan digelar dalam rangka menekan angka prevalensi stunting di Kabupaten Agam dengan membudayakan makan ikan setiap hari.

Rosva menyebutkan, stunting tidak hanya disebabkan kurangnya gizi dalam makanan, tapi juga dipengaruhi oleh faktor pola makan anak.

“Untuk itu orang tua harus bisa memilah dan memilih makanan yang mengandung protein dan bergizi tinggi untuk diberikan kepada anak, seperti ikan,” ujarnya.

Rosva menjelaskan ikan merupakan bahan masakan yang mudah diolah dan bisa dijumpai di Kabupaten Agam.

“Di samping mencerdaskan anak, ikan mengandung omega 3 dan protein yang bagus untuk pertumbuhan tulang dan otak,” katanya.

(jef)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600