Kabupaten AgamSumatera Barat

Pemkab Agam Launching SIKOCIT dan Gencarkan Program Bapak dan Ibu Asuh Anak Stunting

179
×

Pemkab Agam Launching SIKOCIT dan Gencarkan Program Bapak dan Ibu Asuh Anak Stunting

Sebarkan artikel ini
Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (Tpps) Kabupaten Agam Sekaligus Launching Sistem Informasi Dan Koordinasi Cegah Stunting Terintegrasi (Sikocit)
Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Agam sekaligus launching Sistem Informasi dan Koordinasi Cegah Stunting Terintegrasi (SIKOCIT) di Aula Bappeda Lubuk Basung, Selasa (29/8/2023). (f/kominfo)

Mjnews.id – Bupati Agam yang diwakili Sekretaris Daerah H Edi Busti launching Sistem Informasi dan Koordinasi Cegah Stunting Terintegrasi (SIKOCIT) di Aula Bappeda Agam Lubuk Basung, Selasa (29/8/2023).

Bersamaan dengan dibukanya Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Sekda menyampaikan dalam sambutannya bahwa IPM Kabupaten Agam termasuk tertinggi di Sumatera Barat yaitu 73,29 di Tahun 2022.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Pravalensi Stunting di Kabupaten Agam khususnya dalam 3 tahun terakhir menurun signifikan, dan di sisi IPM capaiannya juga meningkat. Artinya, menurunnya angka stunting turut mendukung peningkatan IPM,” jelas Sekda.

Sekda mengungkapkan pencegahan stunting bisa turun dengan signifikan di Kabupaten Agam jika dilakukan dengan 3 faktor yaitu fokus terhadap program penurunan, konsisten dalam menjalankan program serta selalu menjaga dan meningkatkan sinergitas antar lembaga dan masyarakat dalam penanggulangannya.

“Seorang yang tidak cerdas dengan sendirinya akan mengalami prestasi belajar yang rendah akhirnya akan susah bersaing dalam memasuki dunia kerja yang pada gilirannya akan menimbulkan pengangguran dan kemiskinan Jika kita tidak bisa tangani stunting dengan sendirinya kita turut menyumbang kemiskinan karena penderita stunting tumbuh kembangnya terhambat begitu juga perkembangan kecerdasannya. Dan kecerdasan berpengaruh terhadap ekonomi.” Kata Sekda.

Upaya lainnya yang dilakukan pemerintah yaitu dengan pendataan stunting dengan menggunakan SIKOCIT.

Keunggulan SIKOCIT yaitu menyajikan data real time, dimana laporan stunting dirancang dengan disertai kesimpulan penyebab stunting, dilengkapi dengan google maps dan foto rumah.

Kemudian Data yang masuk ke TPPS dapat segera dikoordinasikan dengan OPD terkait.

Dengan menggunakan SIKOCIT, pemerintah juga dapat merespon dan bertindak cepat sehingga OPD terkait dapat langsung bertindak tanpa harus menunggu pemandu arah.

Ketua DPRD Agam, Novi Irwan juga menyampaikan bahwa hendaknya penurunan stunting ini menjadi perhatian bagi seluruh lini masyarakat dan pemerintah karena anak-anak merupakan masa depan bangsa.

“Bonus demografi di satu sisi adalah potensi besar bagi kita namun jika itu menlahirkan generasi unggulan, generasi yang sehat, generasi yang cerdas. Maka ini menjadi tantangan bagi kita untuk menekan angka stunting di Kabupaten Agam,” ujar Novi.

Kepala Dinas Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dalduk KB P2PA) Kabupaten Agam, Surya Wendri juga menyampaikan dalam materinya bahwa gerakan gotong royongnya seluruh elemen bangsa dalam mempercepat penurunan stunting yang menyasar langsung keluarga berisiko stunting, dengan pemberian bantuan makanan bergizi kepada anak yang berstatus stunted.

“Kita memiliki Program Bapak dan Ibu Asuh Anak Stunting yang nantinya rencana akan diawali Bupati, OPD/ Dinas, Lembaga / Instansi Vertikal di Wilayah Agam dan tahap selanjutnya dikembangkan ke masyarakat kampung dan rantau, pengusaha serta elemen masyarakat lainnya,” jelasnya.

Rapat dan launching SIKOCIT tersebut dihadiri dari seluruh OPD yang terlibat langsung dalam program penurunan stunting, Kepala Bappeda Endri Melson serta Forkopimda dan sebagai narasumber program penurunan stunting Dinas Kesehatan Kabupaten Agam serta unsur terkait lainnya.

(jef)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT