Kabupaten AgamSumatera Barat

Pemkab Agam Gelar Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City Tahap 4

152
×

Pemkab Agam Gelar Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City Tahap 4

Sebarkan artikel ini
Pemkab Agam Gelar Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City Tahap 4
Pemkab Agam Gelar Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City Tahap 4 di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung, Senin (9/10/2023). (f/diskominfo)

Mjnews.id – Dalam rangka implementasi gerakan menuju kota cerdas “smart city”, Pemerintah Kabupaten Agam gelar bimbingan teknis tahap akhir penyusunan masterplan dan quick win program unggulan, di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung, Senin (9/10/2023).

Pelaksanaan bimtek tersebut fokus pada elemen pembangunan Smart City yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, dan Smart Environment.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Diketahui, sebelumnya melalui Dinas Kominfo Kabupaten Agam telah laksanakan Bimtek tahap pertama hingga ketiga dengan peserta mencakup seluruh OPD dan 4 kecamatan diantaranya Lubuk Basung, Tanjung Raya, IV Koto serta Palupuh.

Staf Dirjen Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan, Pengembangan SPBE dan Kota Cerdas, Mellawaty dalam kegiatan tersebut menjelaskan Bimtek tahap 4 merupakan tahap review dokumen masterplan smart city yang penyusunannya dilakukan selama tahap 1 hingga tahap 3.

“Ini merupakan tahapan konfirmasi, apakah ada masukan yang berbeda dari sebelumnya kemudian dipastikan adanya kolaborasi dari program-program yang diusulkan dari semua OPD,” ungkapnya.

Ia melanjutkan output dari program ini mengeluarkan buku masterplan smartcity yang terdiri dari dokumen buku 1,2 dan 3.

“Buku 3 merupakan overview atau executive summary dari buku 1 dan 2 yang disajikan untuk level pimpinan,” lanjutnya.

Kemudian ia menambahkan nantinya juga ada buku quick win yang merupakan usulan program percepatan dari masing- masing dimensi smart city.

“Kan kita ada 6 dimensi nanti ada 6 usulan program percepatan implementasi smart city. Banyak masyarakat yang ingin tahu seperti apa smart city, jadi kita luncurkan program quick win supaya masyarakat paham serta cepat merasakan dampak dari smart city,” ujar Mella.

Program gerakan menuju smart city sudah dilaksanakan sejak tahun 2017, dan sudah ada 11 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat yang didampingi oleh Dirjen Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan, Kemenkominfo.

“Ini merupakan bimtek terakhir untuk Kabupaten Agam, nanti dokumen masterplannya akan dikirimkan pada bulan Desember. Nanti juga ada forum smart city dan awarding untuk 50 Kabupaten/Kota yang telah berhasil menyusun masterplan smart city,” tutupnya.

(jef)

Kami Hadir di Google News