Kabupaten PasamanSumatera Barat

Bupati Pasaman Hadiri Silaturahmi Masyarakat Benteng ‘Tigo Kampuang’ Nagari Tanjuang Baringin

237
×

Bupati Pasaman Hadiri Silaturahmi Masyarakat Benteng ‘Tigo Kampuang’ Nagari Tanjuang Baringin

Sebarkan artikel ini
Bupati Pasaman Hadiri Silaturahmi Masyarakat Benteng 'Tigo Kampuang' Nagari Tanjuang Baringin
Bupati Pasaman Hadiri Silaturahmi Masyarakat Benteng 'Tigo Kampuang' Nagari Tanjuang Baringin. (f/riki)

Mjnews.id – Bupati Pasaman, H. Benny Utama minta seluruh Wali Nagari di Pasaman, untuk ikut berperan aktif dalam pelestarian adat budaya dan kesenian tradisional yang sudah ber-urat ber-akar di tengah-tengah masyarakat Pasaman.

“Pelestarian adat budaya ini agar dianggarkan di setiap nagari, dan camat selaku administrator diminta mengawal serta memastikan kegiatan ini teranggarkan di masing-masing nagari,” tegas bupati.

Hal ini diungkapkan Bupati Benny Utama saat menghadiri acara silaturahmi masyarakat Benteng ‘Tigo Kampuang’ yang dihelat Pemuda Pemudi setempat, di Masjid Nurul Haq hingga ke Terminal Benteng Nagari Tanjuang Baringin, Kecamatan Lubuk Sikaping, Minggu (18/6/2023).

“Ini perlu dilestarikan. Tadi saya lihat pemain Dikia Pano rata-rata sudah seusia saya dan hal itu membuat saya khawatir. Kalau habis generasi ini, siapa lagi yang akan melanjutkan. Bisa-bisa hilang satu tradisi. Saya yakin kita semua tidak ingin tradisi dan budaya kita jadi hilang begitu saja dikemudian hari,” kata Benny Utama.

Benny Utama yang juga Pucuak Sara’ Kari Ibrahim, ninik mamak adat Nagari Tanjuang Baringin menjelaskan, sesuai visi misi daerah yang dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), bahwa mewujudkan Pasaman yang Ber intaq dan Berbudaya merupakan prioritas utama dari seluruh rencana strategis program pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Pasaman, pada periodesasi Benny Utama menjabat bupati.

Dikatakan bahwa, acara yang digelar pemuda pemudi Benteng ini akan mampu membangkitkan semangat silaturahmi diantara seluruh unsur yang ada di masyarakat.

“Jika selama ini jarang bertemu karena kesibukan dan aktifitas masing-masing, maka pada kesempatan halal bil halal atau syukuran ini, segenap unsur dan komponen di masyarakat bisa saling berjumpa, bertegur sapa dan silaturahmi,” sebut Bupati Pasaman Benny Utama.

(Riki)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600