Kota PadangBudayaSumatera Barat

FGD Kota Tua Padang, Gubernur Sumbar Minta Dinas Pariwisata Jaga Kesinambungan Nilai Budaya

221
×

FGD Kota Tua Padang, Gubernur Sumbar Minta Dinas Pariwisata Jaga Kesinambungan Nilai Budaya

Sebarkan artikel ini
Screenshot 2023 07 04 20 38 10 28 Resize 99

Mjnews.id – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi minta Dinas Pariwisata Sumbar dan Kota Padang berkolaborasi untuk merancang pengembangan objek wisata kota tua. Menurutnya itu penting, agar lokasi tersebut menjadi lebih terawat dan menarik untuk dikunjungi.

“Untuk menjaga kesinambungan nilai-nilai budaya yang terkandung dari masa ke masa pada kota tua. Dinas Pariwisata Provinsi dan kota Padang harus berkolaborasi untuk merancang pengembangannya agar lebih terawat dan menarik,” ujar Gubernur Mahyeldi saat memberikan arahan pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Master Plan Kota Tua Padang di Aula Kantor Gubernur, Selasa (4/7/2023).

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Ia menyebut, Kota Padang adalah pintu gerbang Prov. Sumbar, disana ada peninggalan bersejarah sekaligus warisan budaya yang berupa bangunan kota pada zaman dahulu atau yang biasa dikenal dengan sebutan Kota Tua.

Menurutnya, itu mesti dirawat dan dilestarikan. Bahkan bisa dikemas menjadi destinasi wisata yang menarik. Ia menegaskan, dalam dunia kepariwisataan yang paling dibutuhkan adalah kreatifitas, bagaimana bisa mengemas hal biasa menjadi luar biasa.

Ia menilai di Kota Tua keunikan itu sudah ada, selanjutnya yang perlu dirumuskan itu adalah bagaimana cara mengemas dan mempromosikannya.

“Pariwisata itu perlu kreatifitas, tidak bisa hanya mengandalkan apa yang ada saja,” tegas Mahyeldi.

Gubernur Mahyeldi mengatakan, sepanjang tahun 2022 yang lalu, angka kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumbar mencapai 4.114 orang. Kemudian untuk tahun 2023 ini, mulai dari bulan januari hingga april angka kunjungan wisatawan mancanegara telah mencapai 13.344 orang. Itu berarti telah meningkat secara signifikan dibandingkan tingkat kunjungan tahun sebelumnya.

Sedangkan untuk wisatawan nusantara, jumlah kunjungan selama tahun 2022 berjumlah 6.020.055 orang. Sementara untuk tahun 2023 ini, hingga bulan april tercatat jumlah kunjungan sebanyak 2.596.670 orang.

“Kita optimis, angka kunjungan wisatawan tahun ini akan lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Maka dari itu, kita perlu terus berbenah,” kata Gubernur Mahyeldi.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT