banner pemkab muba
Kota SawahluntoSumatera Barat

Dinas Kominfo Sawahlunto Gelar Briefing Bimtek Gerakan Menuju 100 Smart City

226
×

Dinas Kominfo Sawahlunto Gelar Briefing Bimtek Gerakan Menuju 100 Smart City

Sebarkan artikel ini
Dinas Kominfo Sawahlunto Gelar Briefing Bimtek Gerakan Menuju 100 Smart City
Dinas Kominfo Sawahlunto Gelar Briefing Bimtek Gerakan Menuju 100 Smart City. (f/kominfo)

MJNews.id – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sawahlunto menggelar kegiatan briefing Bimbingan Teknis Gerakan Menuju 100 Smart City di Khas Ombilin Kota Sawahlunto, Selasa 27 Juni 2023, yang dibuka Wakil Walikota Sawahlunto.

Wakil Walikota Zohirin Sayuti menjelaskan, Gerakan Menuju 100 Smart City Nasional Kota Sawahlunto ini sesuai dengan, visi dan misi ke-9 Walikota Sawahlunto periode Tahun 2018-2023 terkait mewujudkan kota berbasis Smart City dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dan daya tarik investasi dan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018.

“Berdasarkan hal mendasar diatas maka kegiatan ini harus kita sukseskan bersama. Gerakan menuju 100 Smart City merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri,” ujarnya.

Dikatakan lebih lanjut, gerakan tersebut bertujuan membimbing Kabupaten/Kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.

Dalam rangka mewujudkan Kota Sawahlunto sebagai kota cerdas (Smart City) serta untuk mendorong kemudahan penyelenggaraan layanan publik dan mendukung penerapan gerakan maju Kota cerdas (Smart City) dibutuhkan acuan yang menjadi pedoman berupa tahapan yang harus dilaksanakan.

Sebutnya lagi, melalui tahapan gerakan Smart City ini, di peroleh sebuah dokumen Masterplan Smart City yang di harapkan dapat mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan warga Kota Sawahlunto.

Acara ini merupakan langkah kongkrit guna merumuskan rancana strategis yang holistik dan terintegrasi dalam membangun kota cerdas, karena saya percaya bahwa transformasi menuju Smart City adalah langkah penting bagi pertumbuhan dan kesejahteraan sebuah daerah.

“Alhamdulillah kita ucapkan bahwa dalam kegiatan ini Kota Sawahlunto mendapat dukungan dari akademisi yaitu Universitas Andalas Padang (Fakultas Teknik dan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas Padang), Prof. Ikhwana Elfitri, ST, MT, Ph.D dan Hasdi Putra, ST, MT, sebagai dewan pakar Smart City Kota Sawahlunto. Kita harapkan kepada Bapak Dewan Pakar dapat memberikan kontribusi keilmuannya untuk dapat menjadikan Sawahlunto kota yang pintar. Saya juga berharap melalui kegiatan masterplan Smart city di Kota Sawahlunto ini harus berbasis kearifan lokal sehingga pendekatannya tidak hanya government tapi governance. Oleh karena itu, saya sampaikan kepada seluruh Kepala OPD dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius,” tegas Zohirin menutup sambutannya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Sawahlunto, Nova Erizon menyampaikan, Kota Sawahlunto terpilih mengikuti gerakan Nasional menuju kota Smart City.

Dan kegiatan sesuai undangan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia perihal permohonan untuk bimbingan Teknis tahap satu, akan dilaksanakan pada 5 hingga 7 juli 2023 maka perlu dilakukan Briefing terhadap Bimtek gerakan menuju 100 Smart City.

“Kegiatan ini kita laksanakan dengan tujuan untuk memberikan arahan terhadap penyelenggaraaan bimtek penyusunan master plan kota cerdas dan program unggulan kota Sawahlunto tahap satu, kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh anggota Smart City kota Sawahlunto,” tutup Nova Erizon.

(Uni)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600