banner pemkab muba
Kota SawahluntoKesehatanSumatera Barat

1.650 Hewan Penular Rabies di Sawahlunto Telah Divaksin

165
×

1.650 Hewan Penular Rabies di Sawahlunto Telah Divaksin

Sebarkan artikel ini
Petugas Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan berikan vaksinasi rabies kepada hewan penular rabies
Petugas Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan berikan vaksinasi rabies kepada hewan penular rabies. (f/humas)

MJNews.id – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan telah merealisasikan pemberian vaksinasi rabies kepada hewan penular rabies di lingkup Kota Sawahlunto.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Peternakan, Kesehatan Hewan, dan Perikanan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto, Fery Octaviantris ketika dihubungi media, Jum’at 25 Agustus 2023.

Fery menjelaskan, pemberian vaksinasi rabies yang dilakukan tersebut diberikan melalui door to door kepada masyarakat yang memiliki hewan penular rabies, seperti anjing, kucing dan kera secara gratis.

Fery Oktaviantris menyebutkan, untuk tahun 2023 ini, pihaknya telah memberikan Vaksinasi rabies kepada 1650 ekor hewan penular rabies di Kota Sawahlunto .

“Pemberian Vaksinasi ini telah kita berikan di bulan Mei dan Juni 2023 lalu. Untuk vaksinasi rabies ini memang belum mencapai target, karena target yang ditetapkan baru 75 persen. Kendalanya karena ketersediaan vaksin, karena Vaksin Rabies yang diberikan dari Dana APBN tersebut hanya untuk 1.650 ekor hewan penular rabies,” kata Fery.

Fery berharap kedepannya akan ada penambahan anggaran untuk pencegahan rabies ini mengingat kasusnya yang sedang booming saat ini.

Selain pemberian vaksinasi rabies, pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran penyakit rabies di kota Sawahlunto ini, yakni dengan melakukan eliminasi yang saat ini juga telah dilakukan di empat kecamatan di Kota Sawahlunto.

(Uni)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600