banner pemkab muba
Padang PanjangSumatera Barat

Dispangtan Padang Panjang Gelar Sosialisasi Penguatan Kelembagaan Keltan

87
×

Dispangtan Padang Panjang Gelar Sosialisasi Penguatan Kelembagaan Keltan

Sebarkan artikel ini
Sosialisasi Penguatan Kelembagaan Kelompok Tani Kota Padang Panjang
Sosialisasi Penguatan Kelembagaan Kelompok Tani Kota Padang Panjang. (f/kominfo)

PADANG PANJANG, Mjnews.id – Meningkatkan kemampuan kelembagaan kelompok tani Kota Padang Panjang, Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) adakan Sosialisasi Penguatan Kelembagaan Kelompok Tani Kota Padang Panjang Tahun 2022 yang berasal dari Pokok Pikiran (Pokir) anggota DPRD.
Kegiatan ini dibuka Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano didampingi Anggota DPRD, Dr. Novi Hendri, SE, M.Si Datuak Bagindo Saidi yang juga Ketua Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Permata Ibu, Sabtu (19/3) di Aula Hotel Pangeran.
“Sosialisasi ini bermanfaat di masa-masa sulit pascapandemi Covid-19. Bagaimana menyamakan persepsi, bagaimana penguatan kelembagaan sebagai salah satu pendorong keberlanjutan kegiatan pertanian kita. Bagaimana bisa mengelompokan masyarakat agar lebih kuat dalam bidang pertanian,” tutur Wako Fadly Amran.
Fadly juga mengapresiasi, kegiatan yang dilakukan melalui pokir anggota dewan, yang menganggarkan langsung kepada masyarakat.
Sementara Novi Hendri mengucapkan terima kasih kepada Wako Fadly yang peduli dan selalu menyempatkan diri untuk hadir di setiap kegiatan yang berkaitan dengan masyarakat. Novi mengatakan, pokir ini salah satu bentuk wujud dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat khususnya petani yang membutuhkan kegiatan, pelatihan penguatan di bidang pertanian.
Dilanjutkannya, P4S Permata Ibu pernah menjadi P4S terbaik tingkat nasional pada tahun 2019.
“Kita ingin lahirnya P4S yang lain di Kota Padang Panjang. Untuk itu, kita juga sudah mempunyai program menumbuhkembangkan P4S. Kami siap membantu dan mendorong lahirnya P4S baru di Padang Panjang,” ucapnya.
Sementara itu, Kepala Dispangtan, Ade Nefrita Anas, SP menyampaikan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan kelembagaan kelompok tani (keltan) untuk pertanian yang mandiri, maju, dan modern. Serta, pengurus dan anggota kelompok tani mengetahui pentingnya arti dari berkelompok dalam mengelola usaha taninya.
Kegiatan selama dua hari yang bertemakan “Menuju Kelompok Tani yang Madani dan Tangguh” ini diikuti sebanyak kurang lebih 100 peserta dari perwakilan kelompok tani se-Kota Padang Panjang.
(dga/arb)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600