banner pemkab muba
Kabupaten SolokReligiSumatera Barat

Renovasi Masjid Raya Sulit Air Selesai, Kini Tampil dengan Wajah Modern

273
×

Renovasi Masjid Raya Sulit Air Selesai, Kini Tampil dengan Wajah Modern

Sebarkan artikel ini
Serah Terima Masjid Raya Sulit Air Dari Donatur Utama Kepada Pemerintah Nagari
Serah terima Masjid Raya Sulit Air dari donatur utama kepada Pemerintah Nagari, pertengahan Januari 2023 lalu. (f/ridwan)

Sulit Air, Mjnews.id – Renovasi total Masjid Raya Sulit Air, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat selesai dikerjakan.

Masjid yang dibangun pada tahun 1911 sebelum Indonesia Merdeka kini tampil dengan wajah baru dan modern sesuai dengan perkembangan zaman.

Savero Eddy mengatakan, renovasi rumah ibadah kebangaan warga Sulit Air ini disponsori keluarga almarhum H. Mardjohan Djamin.

“Saya selaku cucu pertama dari almarhum Mardjohan Djamin merasa senang dengan selesainya pembangunan ini,” ujar Savero Eddy pada acara serah terima kepada Pemerintah Nagari Sulit Air, sekitar pertengahan Januari 2023 lalu.

Menurut informasi bangunan ini memghabiskan biaya Rp15 miliar lebih yang mulai dikerjakan sejak Maret 2020. Peletakan batu pertamanya dilakukan Bupati Solok, H. Gusmal.

“Pas 2 tahun lebih kurang selesai dikerjakan. Kini masjid dilengkapi dengan perpustakaan, tempat berwudhuk, taman dan ruangan parkir kendaraan roda dua dan empat,” katanya.

Ketua Panitia Pembangunan Irdizon mengucapkan terima kasih kepada donatur utama dan seluruh kaum muslimin dan muslimat stakeholder yang terlibat dalam pembangunan renovasi Masjid Raya Sulit Air ini.

“Tidak ada ungkapan yang dapat kami sampaikan selain terima kasih. Semoga Allah SWT mencatat sebaga amal ibadah pada sisiNya, Aamiin,” ucap Irdizon.

Disampaikan juga, selain dari dana dona donatur utama juga ada bantuan masyarakat sebanyak Rp. 293 juta merupakan sedekah dan infak dengan program “ambo sato ciek”.

Bangunan mesjid ini terdiri dari 2 lantai. Lantai bawah dipergunakan sebagai pusat penelitian keagamaan, pustaka, kantor sekretariat masjid dan ruangan shalat cadangan apabila jemaah melimpah.

Wali Nagari Sulit Air, Jumaini Anas berikan apresiasi terhadap putra dan putri Sulit Air yang tergabung dalam Sulit Air Sepakat (SAS) peduli dengan kampung halaman.

“Kita bangga dengan putra putri Sulit Air Sepakat (SAS) selalu memperhatikan kampung halaman. Mari kita tingkatkan rasa persatuan dan kesatuan tolong menolong dalam kebaikan,” kata Jumaini Anas.

H. Samsudin Mukhtar selaku Ketua DPP SAS mengaku kagum melihat bangunan masjid baru selarang.

“Rasa kagum dan haru melihat indah dan megahnya masjid setelah direnovasi ini,” ucap Samsudin.

(Tka/Rdw)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600