Padang PanjangSumatera Barat

Anggota DPRD Sumbar Jasma Juni Dt Gadang Reses ke Ulakan Tapakis

267
×

Anggota DPRD Sumbar Jasma Juni Dt Gadang Reses ke Ulakan Tapakis

Sebarkan artikel ini
Anggota Dprd Sumbar Jasma Juni Dt Gadang Reses Ke Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman
Anggota DPRD Sumbar Jasma Juni Dt Gadang Reses ke Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman. (f/putra)

Ulakan Tapakis, Mjnews.id – Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Gerindra Dapil II (Padang Pariaman dan Kota Pariaman), Jasma Juni (JJ) Dt Gadang mengunjungi Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, dalam rangka reses guna menyerap aspirasi warga yang dipusatkan di Hall Nagari Sungai Gimba Ulakan, Senin (6/3/2023). Reses sendiri berlangsung dari tanggal 1 hingga 8 Maret 2023.

Kedatangan JJ Dt Gadang dengan tim pendamping diterima Camat Ulakan Tapakis, Emri Nurman, bersama 8 Wali Nagari yang ada di Kecamatan Ulakan Tapakis, Babinsa, dan seluruh Kepala Kepala Korong yang ada di Kecamatan Ulakan Tapakis.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Dalam hantaran, katanya, Camat Ulakan Tapakis, Emri Nurman, mengucapkan terima kasih atas kunjungan reses dari Anggota DPRD Sumbar, JJ Dt Gadang.

“Kita patut bangga dan memberikan apresiasi tinggi atas perhatian Bapak JJ Dt Gadang terhadap Kecamatan Ulakan Tapakis. Bantuan fisik maupun pelatihan keterampilan dan Bimbingan Teknis yang melibatkan warga kita sangat terasa manfaatnya. Bahkan untuk tahun ini juga ada bantuan pokir untuk jalan lingkung rabat beton dan perbaikan masjid,” katanya.

Bahkan, sambungnya, tahun 2023 ini Bapak JJ Dt Gadang mengusahakan bantuan satu unit bus sekolah untuk SMAN 1 Ulakan Tapakis.

“Bus sekolah ini akan sangat membantu pelajar dalam mobilitas ke sekolah, terutama pelajar SMA yang tidak punya kendaraan, sehingga mereka bisa tepat waktu datang ke sekolah nanti,” tegas Nurman.

“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih ke Bapak JJ Dt Gadang, semoga ke depannya, kerjasama ini semakin terjalin dengan baik demi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Dalam pertemuan ini, JJ Dt Gadang menerima berbagai aspirasi. Misalnya dari para wali nagari yang diwakili tuan rumah Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan, Irman Tiardi.

Irman menyampaikan beberapo poin usulan, diantaranya, minta adanya rehab surau atau masjid di tiap korong, terutama yang terkana musibah banjir bulan Februari lalu serta dilakukan proyek pengendalian banjir di sungai yang mengalir di Ulakan Tapakis.

Ia juga menyampaikan pengadaan bak sampah tiap korong yang sangat berfungsi dalam menjaga kebersihan.

“Yang tak kalah pentingnya adalah bantuan lanjutan pembangunan gedung kantor wali nagari yang banyak terbengkalai di Kacamatan Ulakan Tapakis. Bahkan ada tiga kantor wali nagari yang masih menumpang atau menyewa,” tambahnya.

Sedangkan Wali Nagari Sandi Ulakan, menambahkan, pihaknya meminta bantuan komputer dan laptop serta alat pengeras suara yang rusak akibat tergenang banjir beberapa waktu lalu.

“Juga, bantuan tikar bagi beberapa surau/masid yang rusak akibat banjir,” katanya sambil menyebutkan, warganya mengeluhkan sulitnya petani mencari pupuk bersubsidi.

Dalam kesempatan ini, Ketua Bamus Nagari Sungai Gimba Ulakan, Syamsul Bahri juga menyampaikan permintaan perbaikan jalan di nagari-nagari, termasuk perbaikan irigasi yang rusak akibat banjir.

Sementara itu, Kapala SMAN 1 Ulakan Tapakis, Aditiawarman, mengucapkan terima kasih ke JJ Dt Gadang atas rencana bantuan bus sekolah tahun 2023 ini.

“Ini sangat kami tunggu sejak lama, karena hingga kini kami pihak sekolah susah menerapkan belajar tepat waktu, karena banyak pelajar yang terlambat sekolah dengan alasan sulitnya transportasi, karena sebagian besar pelajar tidak punya kendaraan sendiri dan tidak adanya angkutan umum ke sekolah,” ujarnya.

Permintaan lain, berasal dari beberapa kapalo korong, diantaranya perbaikan jalan, jembatan dan normalisasi sungai di korongnya masing-masing serta normalisasi muara sungai yang sudah dangkal selama ini. Juga ada yang minta bantuan perahu karet guna evakuasi korban banjir yang sering melanda Ulakan Tapakis.

Menanggapi semua ini, JJ Dt Gadang menyebutkan, untuk beragam usulan ini akan diperjuangkan dalam APBD 2024 mendatang, jika itu ada mata anggarannya.

“Kami akan membawanya ke rapat anggaran DPRD Provinsi Sumbar dan membahasnya dengan OPD terkait,” katanya.

Khusus untuk usulan, perbaikan jalan, JJ Dt Gadang akan melihat mana yang kewenangan kabupatan dan provinsi. Karena kalau itu jalan kabupaten, provi si tidak bisa membantunya. Namun, katanya, untuk tahun 2023 ini, sudah ada yang akan dilakukan di Sungai Gimba Ulakan, yakni perbaikan drainase jalan dan pembanguan sarana rumah ibadah.

“Untuk pembangunan lanjutan kantor wali nagari, itu harus memenuhi syarat, yakni tanahnya sudah punya sertifikat dan sedang dikerjakan. Semua usulan harus ada proposal resmi dari Wali Nagari,” katanya.

Menanggapi hal ini, ia akan koordinasi dengan dinas terkait menyangkut beberapa usalan, seperti perbaikan jalan, irigasi, normalisasi sungai dan bantuan perahu karet.

“Meski kewenangan provinsi tidak ada dalam beberapa usulan, ia juga akan berupaya memperjuangkan di DPRD Kabupaten Padang Pariaman, dinas terkait di kabupaten dan instransi terkait di Provinsi Sumbar,” tegasnya

Sedangkan bantuan usulan bantuan alat-alat pertanian, JJ Dt Gadang meminta segera dibentuk KWT, Keltan, mengurus proses smultan kelompoknya ke Dinas Pertanian melalui PPL dan Wali Nagari. Karena, bantuan akan diberikan kepada kelompok yang sudah terdaftar dan punya badan hukum.

“Silahkan buat proposal dan lengkapi administrasi kelompoknya. Semoga di APBD Sumbar 2024 usulan yang disampaikan bisa ditampung dan terlaksana,” tutupnya.

(putra)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT