Kota SawahluntoSumatera BaratWisata

Seluruh Pengelola Objek Wisata di Sawahlunto Diminta Terapkan CHSE

213
×

Seluruh Pengelola Objek Wisata di Sawahlunto Diminta Terapkan CHSE

Sebarkan artikel ini
IMG 20230411 210524 resize 85

Mjnews.id – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kota Sawahlunto menggelar rapat koordinasi persiapan dengan lintas sektor dalam menyambut liburan hari raya Idul Fitri, di aula Dinas Pariwisata setempat, Selasa 11 April 2023.

Tujuan Rakor ini untuk menciptakan suasana liburan dengan aman dan nyaman di berbagai objek wisata di Kota Sawahlunto.

Peserta Rakor termasuk di dalamnya pengelola objek wisata di kota Sawahlunto.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kota Sawahlunto, Adriyusman menyebutkan, ada beberapa poin yang dibahas dalam kegiatan rapat koordinasi bersama lintas sektor tersebut.

“Ada beberapa poin yang kita bahas, dalam rapat koordinasi tersebut, diantaranya bagaimana setiap objek wisata yang ada di kota Sawahlunto, untuk menerapkan CHSE, Cleaner, Health, Safety dan Environment,” ujarnya.

“Maksudnya di sini, bagaimana nantinya setiap objek wisata tersebut dapat menerapkan kebersihan di setiap objek wisata itu, Kesehatan makanan dari makanan yang dijual di kantin kantin di lingkup objek wisata, serta keamanan dari wahana wisata yang ada, serta bagaimana menciptakan lingkungan yang aman, dan nyaman di kawasan objek wisata tersebut,” tutur Adriyusman.

Selain itu, nanti juga ada tim dari BPBD Kota Sawahlunto yang akan turun ke beberapa objek wisata.

“Penurunan tim mitigasi bencana dari BPBD tersebut dimaksudkan untuk mengecek langsung keamanan dari berbagai wahana yang dimiliki oleh masing-masing objek wisata, misalnya untuk wisata air di taman wisata Kandi, parahu airnya, speed boatnya, pelampung, semuanya harus dicek, apakah sudah bisa dikatakan aman atau belum,” imbuhnya.

Sementara untuk pengamanan dan parkir di seputaran objek wisata, pihaknya juga menggandeng Sat Pol PP dan Dinas Perhubungan Kota Sawahlunto.

Adiyusman juga menambahkan, selain persiapan yang akan dilakukan, ada beberapa objek Wisata di Kota Sawahlunto yang akan melakukan pembaharuan/inovasi, seperti di kawasan puncak cemara dan taman wisata kandi.

Adriyusman berharap dengan berbagai persiapan, nantinya kota Sawahlunto dapat menjadi tuan rumah yang baik dalam menyambut wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Sawahlunto.

“Sehingga tingkat kunjungan wisata meningkat,” pungkas Adriyusman.

(Uni)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600