Solok SelatanSumatera Barat

Bupati Solsel Berharap Bantuan Pangan Bisa Tepat Sasaran

173
×

Bupati Solsel Berharap Bantuan Pangan Bisa Tepat Sasaran

Sebarkan artikel ini
Bupati Solok Selatan, H. Khairunas serahkan bantuan pangan di Nagari Pakan Rabaa Utara, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh
Bupati Solok Selatan, H. Khairunas serahkan bantuan pangan di Nagari Pakan Rabaa Utara, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Jumat (28/4/2023). (f/ist)

Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mengharapkan penyaluran bantuan pangan dari Badan Pangan Nasional bisa tepat sasaran. Untuk itu diperlukan kesiapan dari nagari dan jorong untuk menyediakan data yang valid dan memenuhi persyaratan.

Bupati Solok Selatan, H. Khairunas mengatakan, bantuan tersebut diharapkan bisa meringankan beban para penerima manfaat selama beberapa waktu ke depan. Sebab penerimanya benar-benar berhak dan membutuhkan bantuan tersebut.

“Kepada Camat, Wali Nagari, Wali Jorong agar betul-betul mendata dan melakukan Validasi agar yang menerima bantuan adalah masyarakat yang betul-betul sesuai dengan kriteria yang disyaratkan sebagai penerima manfaat. Karena pemerintah pusat maupun pemerintah kabupaten akan terus berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat dalam bentuk lainnya tentu yang terpenting adalah data penerima pada masing-masing jorong, nagari hingga kecamatan,” kata Khairunas saat penyerahan bantuan ini di Nagari Pakan Rabaa Utara, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Jumat (28/4/2023).

Khairunas melanjutkan, bantuan baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah ini pada dasarnya diberikan sebagai upaya untuk melakukan pemulihan ekonomi dan pengendalian inflasi serta meringankan beban masyarakat.

Hal ini tidak terlepas dari dampak yang dihadapi masyarakat untuk memulihkan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Selain itu juga dengan adanya lonjakan harga dan inflasi pada bulan-bulan tertentu. Hal tersebut berdampak pada kemampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pemerintah kabupaten juga mengapresiasi PT Pos Indonesia (Persero) atas koordinasi dan kolaborasinya dengan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dalam penyaluran bantuan pangan ini, sehingga dapat serahkan dan diterima serta dimanfaatkan oleh masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Wali Nagari Pakan Rabaa Utara Gusparizal menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya atas bantuan pangan yang diberikan. Bantuan Bapanas yang disalurkan melalui Pemkab Solok Selatan sangat berarti dan membantu kehidupan masyarakat, apalagi saat perekonomian masyarakat semakin sulit.

“Terima Kasih atas bantuan pangan yang diberikan kepada 750 lebih KPM di nagari kami. Dan itu hampir mencapai 40% dari total 2100 KK di Pakan Rabaa Utara ini,” ujarnya.

Adapun bantuan cadangan pangan ini akan diberikan kepada 11.752 keluarga penerima manfaat dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dan penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Solok Selatan mendapatkan kuota sebanyak 35.256 kilogram. Ini artinya nanti para perima manfaat masing-masing akan mendapatkan sebanyak 10 kilogram selama tiga bulan, yakni Maret-Mei.

(sus)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600