Kota SawahluntoPendidikanSumatera Barat

Zaskia Naila Terpilih sebagai Duta Baca Sawahlunto

232
Zaskia Naila Adli Terpilih Sebagai Duta Baca Sawahlunto
Zaskia Naila Adli terpilih sebagai Duta Baca Sawahlunto. (f/humas)

MJNews.id – Zaskia Naila Adli, terpilih menjadi Duta Baca Sawahlunto setelah berhasil menyingkirkan 4 finalis lainnya yakni Yulan Nuratul, Adilla danan Asyifa Fadhilla dari SMAN 1 Sawahlunto, serta Faila Fathihizza dan Thabina Salsadira di Grand Final Duta Baca Sawahlunto.

Grand final tersebut dilaksanakan di Balairung rumah Dinas Walikota Sawahlunto, Sabtu 3 Juni 2023.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto, Jhon Hendri menuturkan, Dewan Juri dalam penilaian tersebut yakni Bunda Literasi Meivyta Deri Asta, praktisi IT dari Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto, Andre Yuberta dan penggiat Literasi Sawahlunto, Lambang Wicaksono.

Bunda Literasi Meivyta Deri Asta yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan, Duta Baca dinilai memiliki sejumlah keunggulan untuk terjun langsung utnuk melakukan sosialisasi kepada kaum Milenial seperti pelajar dan remaja.

“Dengan usia yang sebaya, maka duta baca ini efektif mrmasuki teman-teman mereka sesama remaja/pemuda, nanti kita dari Pemerintah akan mendukung dan memfasilitasi, baik dari kebijakan, atau program maupun anggarannya, sehingga gerakan yang dilakukan Duta Baca nantinya bisa maksimal dan semakin baik,” kata Meivyta.

Sementara Walikota Sawahlunto, Deri Asta menyebut, bahwa kecerdasan literasi yang salah satunya dibentuk dati hobi membaca itu, ikut memberikan pengaruh yang kuat dalam membentuk generasi penerus yang cerdas, unggul dan berdaya saing, karena itu kegiatan kegiatan yang mendorong minat baca pada anak dan remaja tidak boleh disepelekan atau menjadi formalitas saja.

“Kita bertanggung jawab menyiapkan generasi penerus Sawahlunto yang berkualitas, salah satu indikator kualitas itu adalah generasi yang memiliki pengetahuan yang luas, salah satunya melalui banyak membaca,” kata Walikota Deri Asta.

(Uni)

Exit mobile version