ParlemenSumatera Barat

Leonardy Harmainy Ajak Semua Pihak Sukseskan Sensus Pertanian 2023

230
×

Leonardy Harmainy Ajak Semua Pihak Sukseskan Sensus Pertanian 2023

Sebarkan artikel ini
Leonardy Harmainy Ajak Semua Pihak Sukseskan Sensus Pertanian 2023
Anggota DPD RI, Leonardy Harmainy Ajak Semua Pihak Sukseskan Sensus Pertanian 2023. (f/ist)

Mjnews.id – Sensus Pertanian tahun 2023 saat ini sedang berlangsung di Indonesia. Anggota DPD RI, H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk menjadikan sensus ini sukses.

Sensus tersebut bertujuan untuk memetakan kondisi terkini sektor pertanian di Indonesia dan mewujudkan kedaulatan pangan serta kesejahteraan petani.

“Sensus Pertanian tahun 2023 berlangsung selama dua bulan, dimulai pada 1 Juni 2023 dan berakhir pada 31 Juli 2023,” ungkap Leonardy, Selasa 20 Juni 2023..

Data yang diperoleh dari sensus ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk menyusun kebijakan strategis di sektor pertanian ke depannya. Sensus ini mencakup tujuh subsektor pertanian, yaitu tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, dan jasa pertanian.

Leonardy juga menekankan pentingnya inovasi dalam pelaksanaan sensus pertanian. Salah satu contoh inovasi yang telah digunakan adalah penggunaan aplikasi FASIH berbasis android oleh petugas sensus di Kota Padang. Selain itu, sensus pertanian ini telah dirancang dengan panduan dari FAO guna memperoleh hasil berstandar internasional.

Dalam pertemuan dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumbar dan BPS Kabupaten/Kota, Leonardy menyoroti isu-isu strategis dalam sektor pertanian seperti urban farming, petani milenial, modernisasi pertanian, dan pendapatan petani.

Dia berharap bahwa sensus ini dapat mendorong kebijakan reformasi dalam penyaluran subsidi pupuk, peningkatan tata kelola basis data pertanian, pengendalian konversi lahan, rekrutmen petani milenial, kesejahteraan petani, dan kedaulatan pangan. Modernisasi sektor pertanian melalui mekanisasi dan digitalisasi pertanian juga menjadi hal penting dalam upaya tersebut.

Partisipasi aktif dari semua pelaku usaha pertanian sangat diharapkan untuk kesuksesan Sensus Pertanian tahun 2023. Masyarakat diharapkan memberikan respon yang baik dan jujur dalam menjawab data yang diperlukan.

Leonardy juga mengajak pemerintah daerah, walinagari, kepala desa, lurah, kepala korong, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat untuk berperan aktif dalam menyukseskan sensus ini.

Sensus Pertanian tahun 2023 merupakan upaya penting dalam mencatat kondisi pertanian Indonesia untuk tujuan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani. Petugas sensus akan mengunjungi rumah-rumah masyarakat mulai dari tanggal 1 Juni hingga 31 Juli 2023.

Leonardy mengajak semua pihak untuk menerima kedatangan petugas sensus dengan baik dan bersama-sama mencatat pertanian Indonesia.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600