banner pemkab muba
Sumatera BaratPendidikan

Gubernur Sumbar Hadiri Pengukuhan Tiga Guru Besar Unand

258
×

Gubernur Sumbar Hadiri Pengukuhan Tiga Guru Besar Unand

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar Hadiri Pengukuhan Tiga Guru Besar Unand
Gubernur Sumbar Hadiri Pengukuhan Tiga Guru Besar Unand. (f/biro adpim)

Mjnews.id – Universitas Andalas (UNAND) Padang menggelar Pengukuhan tiga Profesor (guru besar) yaitu Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, M.Sc, Prof. Dr. Ir. Novri Nelly, MP dan Prof. Hema Malini, S.Kp, M.N, Ph.D sebagai Guru Besar, berlangsung di Convention Hall Universitas Andalas, Kamis (20/7/2023).

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah yang hadir pada kesempatan itu mengucapkan selamat kepada Guru Besar (Gubes). Dia berharap, pemikiran para Gubes bisa menjadi solusi permasalahan bangsa, terutama untuk bidang pertanian dan kesehatan.

“Selamat buat para Guru Besar yang telah dikukuhkan, semoga kajian hasil pemikiran yang dimunculkan dalam Orasi Ilmiah tadi, bisa membawa kebaikan terhadap masyarakat Sumbar dan Indonesia,” ucap Mahyeldi.

Ia menegaskan, Orasi Ilmiah dari para Gubes sangat penting disimak, karena menyentuh persoalan-persoalan faktual, terutama pada bidang pertanian dan kesehatan.

Gubernur Mahyeldi juga sempat mengulas, intisari dari masing-masing orasi ilmiah para Gubes tersebut. Pertama untuk Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, M.Sc yang mengangkat judul Orasi Ilmiah “Optimalisasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Bahan Organik Lokal untuk Mengatasi Kelangkaan Pupuk pada Lahan Pertanian Tropika Basah”.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, pupuk organik sangat diperlukan. Karena daerah kita lebih 50 persen bergantung dari usaha pertanian. Ini merupakan langkah alternatif untuk mengatasi kelangkaan pupuk,” katanya.

Di tengah tingginya harga pupuk kimia saat ini dan terbatasnya alokasi pupuk bersubsidi dari pemerintah, Mahyeldi menilai kajian Prof. Hermansyah merupakan sebuah solusi yang patut untuk dipertimbangkan.

“Apalagi tahun 2045 nanti, Indonesia ditargetkan menjadi lumbung pangan dunia,” sebutnya.

Kedua, orasi ilmiah Prof. Dr. Ir. Novri Nelly, MP yang mengangkat judul “Peranan Pengelolaan Hama Tanaman untuk Mendukung Ketahanan Pangan Berkelanjutan”. Sebagaimana diketahui, hama dan penyakit tanaman merupakan penghambat produktivitas pertanian.

Menurutnya, Pemprov Sumbar selalu menekankan petani agar mengendalikan hama dan penyakit tanaman secara terpadu dalam budidaya pertanian. Bahkan, telah mengalokasikan 10 persen dari anggaran pertanian untuk itu.

“Tentunya karya ilmiah dari dua Profesor ini sangat membantu untuk mengoptimalkan hasil pertanian masyarakat,” ungkapnya.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600