Sumatera BaratPendidikan

Guspardi Gaus Berharap Pendidikan di Sumbar Menjadi yang Terbaik

180
×

Guspardi Gaus Berharap Pendidikan di Sumbar Menjadi yang Terbaik

Sebarkan artikel ini
Politikus Partai Amanat Nasional (Pan), Guspardi Gaus
Politikus Partai Amanat Nasional (PAN), Guspardi Gaus. (f/st)

Mjnews.id – Anggota DPR RI dapil Sumatera Barat 2, Guspardi Gaus, berharap dunia pendidikan di Provinsi Sumbar dapat menjadi yang terbaik. Oleh karena itu, setiap kampus harus berlomba melakukan perubahan dan percepatan agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

“Saya berharap, pendidikan di Sumbar dapat menjadi yang terbaik, dan Universitas Negeri Padang (UNP) telah dan sedang melakukan langkah strategis dalam rangka percepatan agar dapat meningkatkan kualitas Pendidikan menuju kampus terbaik,” kata Guspardi Gaus, saat dimintai keterangannya selepas menyampaikan orasinya dalam rangka wisuda ke-132, Universitas Negeri Padang (UNP), Selasa (26/9/2023).

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Disampaikannya, dalam sepuluh tahun terakhir, banyak lompatan dan prestasi yang diraih oleh UNP yang dulunya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Kependidikan (IKIP).

Dari data yang dihimpun dari berbagai sumber, tercatat peringkat UNP tahun 2016 masih berada pada peringkat 88 nasional, namun saat ini sudah berada di peringkat 25 nasional.

Begitu juga dengan perkembangan prodi yang sudah mencapai 132 prodi dengan dukungan 111 orang guru besar dari jumlah dosen 1.139 dimana 446 bergelar S3 dan 953 bergelar magister (S2).

“Sementara jumlah mahasiswa telah mencapai lebih kurang 53 ribu. Dan terakhir ini juga UNP telah membuka Fakultas Kedokteran,” ungkap anggota Komisi II DPR RI itu.

“Ini menandakan terjadinya peningkatan signifikan dan lompatan yang luar biasa yang dilakakulan oleh rektor bersama pimpinan UNP dan dukungan Civitas akademika dalam upaya melakukan perbaikan dan peningkatkan kualitas pendidikan,” jelasnya

Sebelumnya, kepada para Wisudawan/i Guspardi berpesan bahwa pelaksanaan wisuda bukanlah menjadi tujuan akhir. Karena fase berikutnya akan dihadapkan dengan tantangan yang semakin kompleks dan penuh ketidakpastian.

Oleh karena itu, para lulusan UNP Padang harus mempunyai semangat dan kemauan kuat untuk selalu meningkat ilmu ke tahap yang lebih tinggi dan mampu merespon dengan cepat berbagai tantangan sesuai dengan perkembangan dan perubahan zaman.

“Sebagai Generasi muda yang mendapatkan pendidikan di perguruan tinggi, tentunya akan terjun ke tengah masyarakat dan dunia kerja. Dan diharapkan dapat berperan aktif dalam berbagai bidang. Karena selanjutnya akan menjadi generasi penerus yang harus siap menjadi pemimpin negeri ini di masa yang akan datang,” pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut.

Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Ganefri, menjelaskan wisuda ke-132 ini menghasilkan 3.166 lulusan program Doktor, Magister, Sarjana dan Diploma.

(***)

Kami Hadir di Google News