Kabupaten SijunjungKPUSumatera Barat

KPU Kabupaten Sijunjung Sosialisasikan Tahapan Pemilu kepada Insan Media

188
Kpu Kabupaten Sijunjung Sosialisasikan Tahapan Pemilu Kepada Insan Media
KPU Kabupaten Sijunjung Sosialisasikan Tahapan Pemilu kepada Insan Media, Selasa (19/12/2023). (f/dicko)

Mjnews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung melaksanakan Sosialisasi Tahapan Pemilu Tahun 2024 kepada insan media di KPU setempat, Selasa (19/12/2023).

Pada kesempatan itu, Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Sijunjung, Juni Wandri mengucapkan terimakasih kepada seluruh insan media atas kebersamaan hari ini.

“Tanpa dukungan rekan-rekan semuanya, tentunya berbagai kegiatan yang dilaksanakan KPU tidak bisa berjalan dengan baik. Kami berkewajiban melakukan publikasi dan sosialisasi lewat media,” ujarnya.

Publikasi seperti halnya pemutahiran data pemilih yang terus berkembang, dan up to date. Kemudian terkait pencalonan dan ketentuan-ketentuan penyelenggaraan Pemilu, merupakan bentuk dukungan insan media atas program sosialisasi dan publikasi yang menjadi kewajiban KPU Sijunjung.

“Kami berharap, jalinan kerjasama yang sudah baik ini bisa terus berlanjut dan ditingkatkan lagi. Sehingga kedepannya, berbagai informasi terkait dengan Pemilu bisa diinformasikan,” imbuhnya.

Kemudian, Komisioner KPU juga menyebut masa kampanye telah berlangsung selama 22 hari sejak 28/11/2023. Namun, untuk tahapan kampanye di Kabupaten Sijunjung masih minim.

“Dari total 388 Caleg DCT sampai saat ini baru 9 Caleg yang mengurus Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) kampanye ke Polres Sijunjung, yaitu Golkar enam kali, Nasdem sebanyak 2 kali dan Demokrat satu kali,” jelasnya.

Dijelaskan Juni, saat ini pihaknya membuka perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KKPS). Dari total 362 TPS dibutuhkan sekitar 5334 orang petugas KPPS.

“Sampai hari ini sudah ada mendaftar sekitar 5765 orang. Ini tentu sudah melebihi jumlah yang dibutuhkan, namun yang mencukupi kuota tujuh orang per TPS baru 60 persen. Kemudian untuk linmas dibutuhkan dua orang per TPS,” ujarnya.

Selain itu, kata Juni, perlengkapan TPS sudah tersedia tapi belum di sortir. Yang sudah tersedia baru bilik suara, kotak suara, segel dan tinta. Sedangkan paku, tali dan lainnya masih tersimpan di gudang logistik.

“Kami juga melakukan program meningkatkan partisipasi pemilih pemula dengan melakukan sosialisasi pada Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA) se-Kabupaten Sijunjung dan hanya 2 SLTA di Kecamatan Kamang yang belum,” tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, David Rinaldo mengapresiasi terhadap acara yang telah dilakukan oleh KPU Kabupaten Sijunjung dalam setiap tahapan.

“Kami bersama media yang bekerjasama dengan Kominfo, siap untuk bekerjasama dalam menyampaikan informasi-informasi tentang tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024,” ungkap David.

“Selain itu, KPU juga bisa menyampaikan informasi melalui sosial media Kominfo atau bisa juga lewat radio serta videotron yang ada di RTH Logas,” pungkasnya.

Exit mobile version